Etilen Oksida Adalah Apa? Ini Alasan Es Krim Haagen-Dazs Ditarik, Seberapa Bahaya Etilen Oksida bagi Manusia

- 21 Juli 2022, 16:54 WIB
Ilustrasi Etilen Oksida berbahaya bagi manusia bila dikonsumsi melebih jumlah abang batas, ini efek samping yang ditimbulkan oleh Etilen Oksida.
Ilustrasi Etilen Oksida berbahaya bagi manusia bila dikonsumsi melebih jumlah abang batas, ini efek samping yang ditimbulkan oleh Etilen Oksida. /PIXABAY/@StockSnap

BERITA DIY- Simak informasi yang berkaitan dengan penjelasan apa itu Etilen Oksida. ini alasan es krim Haagen-Dazs ditarik dari dari pasar Indonesia.

Seberapa bahayanya Etilen Oksida bagi kesehatan manusia dan Etilen Oksida digunakan untuk apa saja.

Dikutip dari Antara, pada Selasa, 19 Juli 2022 BPOM RI mengumumkan penghentian sementara peredaran produk es krim Haagen-Dazs rasa vanila kemasan pint dan mini cup di pasaran Indonesia karena mengandung Etilen Oksida.

Es krim Haagen-Dazs rasa vanilla diketahui mengandung Etilen Oksida yang melebihi jumlah ambang batas yang telah diizinkan oleh Uni Eropa.

Baca Juga: Biodata Lengkap Kim Jungwoo NCT: dari Zodiak, Hobi, Pendidikan, hingga Rasa Es Krim Favoritnya

Dengan alasan tersebut BPOM RI menginstruksikan untuk es krim Haagen-Dazs ditarik peredarannya dari pasar Indonesia khusus untuk rasa vanilla.

Banyak yang penasaran apa itu Etilen Oksida dan digunakan sebagai bahan apa saja. Dikutip dari GeneCraft Labs, Etilen Oksida atau yang disingkat EtO adalah salah satu bahan tambahan dalam pestisida dan pengawet rempah-rempah.

Etilen Oksida berbentuk gas, tidak memiliki bau, dan tidak memiliki warna sehingga sulit untuk dideteksi.

Bahan ini banyak ditemukan dalam rempah-rempah, jamur, buah yang dikeringkan, es krim, kacang-kacangan, dan selai.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x