Lakukan 9 Amalan Sunnah Sebelum dan Sesudah Sholat Idul Adha Berikut Ini, Rasulullah SAW pernah Melakukannya

- 10 Juli 2022, 05:18 WIB
Lakukan 9 amalan sunnah sebelum dan sesudah sholat Idul Adha yang pernah Rasulullah SAW lakukan.
Lakukan 9 amalan sunnah sebelum dan sesudah sholat Idul Adha yang pernah Rasulullah SAW lakukan. /UNSPLASH/Shivam Garg

BERITA DIY - Berikut ini ada 9 amalan sunnah yang bisa dilakukan sebelum atau setelah menunaikan sholat Idul Adha. Rasulullah SAW pernah mencontohkannya.

Selain melaksanakan kurban pada hari raya Idul Adha, ada amalan sunnah lainnya yang afdhol untuk dikerjakan pada hari lebaran kurban.

Di hari raya Idul Adha ini tentu kita ingin mendapatkan pahala kebaikan sebanyak-banyaknya, dengan melakukan 9 amalan sunnah ini semoga ibadah Idul Adha menjadi lebih sempurna.

Dilansir dari web Dompet Dhuafa, Berikut ini adalah 9 amalan sunnah yang dapat dilakukan sebelum atau sesudah solat Idul Adha:

Baca Juga: Teks Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban Hari Raya Idul Adha 2022 serta Tata Cara Penyembelihan Qurban Sunnah

1. Mengumandangkan takbir

Umat Islam dianjurkan untuk mengumandangkan takbir pada malam hari raya Idul Adha. Takbir Idul Adha ini dilakukan setelah terbenamnya matahari sampai pada waktu pelaksanaan solat hari raya Idul Adha.

Kumandang takbir dapat diakhir pada hari Tasyrik waktu ashar atau tepatnya pada tanggal 13 Dzulhijjah.

2. Mengerjakan mandi besar sebelum sholat Idul Adha

Sebelum menunaikan sholat Idul Adha dianjurkan untuk mandi besar seperti dengan rukunnya. Hanya saja perbedaannya terletak pada niat mandi besar.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta

Sumber: Dompet Dhuafa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah