Lebaran Hari Raya Idul Adha 2022 Tanggal Berapa Kemenag, NU, dan Muhammadiyah Berdasarkan Hasil Sidang Isbat?

- 4 Juli 2022, 17:20 WIB
Ilustrasi lebaran Idul Adha 2022 tanggal berapa NU, Kemenag, dan Muhammadiyah berdasarkan hasil sidang isbat?
Ilustrasi lebaran Idul Adha 2022 tanggal berapa NU, Kemenag, dan Muhammadiyah berdasarkan hasil sidang isbat? /Pexels/Konevi

BERITA DIY - Berikut penjelasan mengenai kapan lebaran Idul Adha 2022 Kemenag, NU, dan Muhammadiyah. Simak selengkapnya jadwal lebaran Idul Adha 2022 berdasarkan hasil sidang isbat Kemenag.

Jadwal Hari Raya Idul Adha 2022 saat ini tengah banyak dicari di berbagai mesin pencarian seperti Google. Hal tersebut dikarenakan hari raya kurban tersebut akan terjadi beberapa hari yang akan datang.

Adapun pertanyaan mengenai lebaran Idul Adha 2022 berapa hari lagi akan dimuat dalam artikel ini. Jadwal lebaran di bawah ini berdasarkan dari hasil penetapan baik Muhammadiyah, Kemenag, dan Nahdlatul Ulama atau NU.

Lebaran Idul Adha 2022 kali ini akan dilaksanakan dengan perbedaan waktu antara NU dan Muhammadiyah. Hal tersebut diketahui setelah hasil sidang isbat 1 Dzulhijjah oleh Kemenag resmi diumumkan.

Baca Juga: Cek Tanggal Berapa Idul Adha 2022 versi Muhammadiyah, Hasil Sidang Isbat Kemenag, NU dan Arab Saudi

Lebaran Idul Adha 2022 kali ini dipastikan berbeda antara NU yang mengikuti hasil sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kemenag dengan Muhammadiyah. Perbedaan penetapan waktu tersebut terjadi lantaran adanya perbedaan metode dalam penghitungan bulan Hijriah.

Adapun metode yang dimaksud adalah Muhammadiyah yang menggunakan rukyatul hilal. Sedangkan Kemenag dan NU menggunakan wujudul hilal atau imkan rukyat.

Dilansir dari muhammadiyah.or.id, ormas Islam tersebut menetapkan bahwa Idul Adha 2022 yakni pada 9 Juli 2022. Penetapan tersebut dilakukan dengan metode perhitungan wujudul hilal yang dilakukan oleh Muhammadiyah.

Nahdlatul Ulama atau NU menetapkan lebaran Hari Idul Adha 2022 akan jatuh pada 10 Juli 2022. Hal tersebut diumumkan melalui surat pemberitahuan hasil rukyatul hilal awal Dzulhijjah 1443 H Nomor 361/c.1.34/06/2022.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x