Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia: Perhatikan! Ini Efek Bahaya Merokok pada Tubuh

- 31 Mei 2022, 20:50 WIB
Ilustrasi: Merokok, berikut efek bahaya pada tubuh.
Ilustrasi: Merokok, berikut efek bahaya pada tubuh. /Pixabay/realworkhard

BERITA DIY - Perhatikan efek berbahaya merokok pada tubuh yang perlu diingat pada peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia berikut ini. 

Tanggal 31 Mei diperingati sebagai Hari Tanpa Tembakau Sedunia yang pada tahun 2022 ini mengangkat tema Tobacco is killing us and our planet atau Tembakau membunuh kita dan planet kita. 

Dikutip dari laman resmi WHO, pada tahun 2022 ini WHO tengah menyoroti bahwa jejak karbon industri dari produksi, pemrosesan dan pengangkutan tembakau berkontribusi terhadap pemanasan global. 

Baca Juga: Penyebab Impotensi dan Cara Mengatasinya: Bisa Karena Diabetes, Stroke, Rokok, Hingga Depresi

Selain fakta dampak merokok terhadap lingkungan, masyarakat juga perlu terus mengingat bahwa merokok juga memiliki efek berbahaya pada tubuh. Berikut beberapa efek bahaya merokok pada tubuh adalah sebagai berikut. 

Pembekuan darah

Merokok dapat meningkatkan pembekuan di seluruh tubuh Anda. Gumpalan darah meningkatkan risiko kerusakan jantung, stroke dan emboli paru

Komplikasi diabetes

Diabetes tipe 2 cenderung berkembang lebih cepat pada orang yang merokok, karena merokok meningkatkan jumlah resistensi insulin dalam tubuh. Jika Anda menderita diabetes dan merokok, Anda juga berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi lain, seperti masalah ginjal, masalah mata, dan serangan jantung.

Halaman:

Editor: F Akbar

Sumber: WHO


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah