20 Mei 2022 Hari Apa? Apakah Libur dan Tanggal Merah? Ini Sejarah dan Tema Hari Kebangkitan Nasional

- 19 Mei 2022, 18:10 WIB
Ilustrasi Harkitnas. 20 Mei 2022 hari apa? Apakah libur dan tanggal merah? Ini sejarah dan tema Hari Kebangkitan Nasional.
Ilustrasi Harkitnas. 20 Mei 2022 hari apa? Apakah libur dan tanggal merah? Ini sejarah dan tema Hari Kebangkitan Nasional. /Twibbonize.com/@PEWE ART

BERITA DIY - 20 Mei 2022 hari apa? Apakah libur dan tanggal merah? Ini sejarah dan tema Hari Kebangkitan Nasional. Tanggal 20 Mei merupakan peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang dilakukan setiap tahun dengan tema yang berbeda-beda.

Dikutip dari Kominfo, dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke 114, tahun 2022 peringatannya mengangkat sebuah tema yaitu Ayo Bangkit Bersama.

Alasan pemilihan teman ini supaya Harkitnas bisa menjadi momentum bagi bangsa yang besar untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi COVID-19.

Baca Juga: 5 Juni 2022 Hari Apa? Ini Hari Besar Libur Nasional dan Tanggal Merah Kalender Juni 2022

Mengingat pandemi ini sudah berjalan dua tahun dan menyerang di semua lini kehidupan masyarakat Indonesia.

Jika membahas sejarah Hari Kebangkitan Nasional maka erat kaitannya dengan organisasi Budi Utomo. Organisasi Budi Utomo didirikan oleh Dr Sutomo pada 20 Mei 1908.

Ketika organisasi ini berdiri bangsa Indonesia sedang berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dari Belanda. Tidak hanya itu, peristiwa ini berbarengan dengan timbulnya perpecahan antar golongan dan ideologi.

Baca Juga: 16 Mei Hari Apa? Hari Raya Waisak 2022, Daftar Hari Libur Nasional dan Peristiwa Bersejarah di Hari ini

Budi Utomo hadi dengan semangat menghimpun kekuatan untuk mencegah terjadinya perpecahan antar bangsa.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x