Lebaran Tanggal Berapa? Penjelasan Kapan Idul Fitri, Beserta Sidang Isbat Kemenag, NU, dan Muhammadiyah

- 25 April 2022, 16:35 WIB
Ilustrasi - Kapan tanggal Lebaran Idul Fitri Kemenag, Muhammadiyah, dan NU, beserta jadwal Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H.
Ilustrasi - Kapan tanggal Lebaran Idul Fitri Kemenag, Muhammadiyah, dan NU, beserta jadwal Sidang Isbat 1 Syawal 1443 H. / PIXABAY/LN_Photoart

BERITA DIY - Simak penjelasan mengenai tanggal Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran lengkap dengan kapan jadwal Sidang Isbat Kemenag, NU, dan juga Muhammadiyah.

Tak lama lagi umat Islam akan merayakan masuknya peringatan Hari raya Idul Fitri atau dikenal dengan momen Lebaran dimana masuk dalam penanggalan 1 Syawal 1443 Hijriyah.

Masuknya dalam penanggalan Islam ke dalam bulan baru yaitu 1 Syawal 1443 Hijriyah sendiri nantinya akan ditandai dengan berakhirnya bulan sebelumnya yaitu bulan Ramadhan.

Baca Juga: Idul Fitri 2022 Jatuh Pada Tanggal Berapa? Penetapan 1 Syawal Muhammadiyah, NU, dan Jadwal Isbat Pemerintah

Sehingga saat ini telah muncul mengenai penjelasan kapan sebenarnya Idul Fitri atau Lebaran akan diperingati oleh umat Islam khususnya pada tahun 2022 kali ini.

Pertanyaan mengenai kapan tanggal Idul Fitri atau Lebaran ini sendiri muncul setelah sebelumnya pada saat awal puasa Ramadhan terdapat perbedaan tanggal memasukinya.

Oleh sebab itu, kemudian muncul pula pertanyaan mengenai kapan tanggal atau jadwal mulai masuk dalam 1 Syawal atau juga yang diperingati dengan Hari Raya Idul Fitri.

Baca Juga: 30 Link Twibbon Ucapan Idul Fitri 2022, Cuti Bersama dan Lebaran Jatuh Tanggal Berapa?

Lebih lanjut, seperti yang dilakukan dalam beberapa tahun belakangan, guna menentukan kapan waktu atau tanggal Lebaran Idul Fitri, pemerintah melalui Kemenag memastikan akan melakukan Sidang Isbat.

Sidang Isbat yang akan diadakan oleh Kemenag yaitu pada tanggal 1 Mei 2022 ini sendiri adalah sebagai forum pengambilan keputusan terkait dengan kapan nantinya tanggal Lebaran Idul Fitri.

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x