Tata Cara Melaksanakan Salat Tasbih: Niat, Waktu Pelaksanaan, Doa dan Jumlah Rakaat yang Harus Dikerjakan

- 23 April 2022, 10:24 WIB
Ilustrasi salat tasbih. Tata cara melaksanakan salat tasbih: niat, waktu pelaksanaan, doa dan jumlah rakaat yang harus dikerjakan.
Ilustrasi salat tasbih. Tata cara melaksanakan salat tasbih: niat, waktu pelaksanaan, doa dan jumlah rakaat yang harus dikerjakan. /PEXELS/baybiyik

BERITA DIY- Simak tata cara salat tasbih: niat, waktu pelaksanaan, doa, dan jumlah rakaat yang harus dikerjakan. Salat tasbih merupakan salah satu ibadah salat sunah yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Dikutip BERITA DIY Dari Sumsel Kemenag melalui buku Risalah Tuntunan Shalat Lengkap ditulis oleh Moh. Rifa’I diterbitkan oleh C.V. TOHA PUTRA Semarang. Salat sunah tasbih adalah salat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada ibunya Sayyidina Abbas ibn Abdul Muthalib.

Untuk waktu pelaksanaan, salat sunah tasbih dianjurkan untuk diamalkan setiap malam, apabila tidak mampu dikerjakan setiap malam makan dikerjakan sekali dalam seminggu.

Baca Juga: Bacaan Doa Kamilin Dibaca Setelah Sholat Tarawih Jamaah atau Sendiri, Sebelum Witir Teks Arab, Latin

Jika sekali dalam seminggu belum dapat dikerjakan bisa dilakukan sekali dalam satu bulan atau sekali setahun.

Anjuran melakukan salat tasbih jika dikerjakan pada siang hari bisa empat rakaat dengan satu kali salam. Apabila dikerjakan pada malam hari hendaklah empat rakaat dijadikan dua kali salam.

Ibadah salat sunah ini disebut sebagai salat tasbih karena di dalam melaksanakan salatnya dibacakan tasbih yang berjumlah 300.

Baca Juga: Hukum Muncul Flek Coklat Setelah Haid Apakah Boleh Sholat?

Berikut ini cara melaksanakan salat tasbih, niat, dan doa yang dibaca setelah salat:

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah