Malam Nisfu Sya'ban 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Jadwal, Doa, Niat Puasa, Sholat, dan Amalan

- 16 Maret 2022, 11:50 WIB
Ilustrasi.  Malam Nisfu Sya'ban 2022 jatuh pada tanggal berapa? Ini jadwal, doa, niat puasa, sholat, dan amalan.
Ilustrasi. Malam Nisfu Sya'ban 2022 jatuh pada tanggal berapa? Ini jadwal, doa, niat puasa, sholat, dan amalan. /Pixabay/sharonang

BERITA DIY - Malam Nisfu Sya'ban 2022 jatuh pada tanggal berapa? Simak jadwal, doa, niat puasa, sholat, dan amalan berikut ini.

Malam Nisfu Sya'ban merupakan sebuah malam pada tanggal 15 di Bulan Sya'ban menurut Kalender Komariyah.

Dilansir dari laman resmi Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri, lirboyo.net, pada Malam Nisfu Sya'ban, semua keputusan yang berhubungan dengan urusan manusia ditetapkan oleh Allah SWT.

Baca Juga: Kapan Malam Nisfu Syaban? Bacaan Niat Puasa dan Doa Sholat Malam Lengkap Bahasa Arab, Latin, dan Artinya

Malam ini juga merupakan salah satu malam yang memiliki keistimewaan bagi umat islam. Hal ini sesuai dengan firman Allah di dalam Al-Qur'an, berikut ini:

 

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ إِنَّا كُنَّا مُنْذِرِينَ فِيهَا يُفْرَقُ كُلُّ أَمْرٍ حَكِيمٍ

“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kamilah yang memberi peringatan. Pada malam itu dijelaskan segala urusan yang penuh hikmah.” (QS. Ad-Dukhon: 3-4)

Dalam kitab Tafsir Al-Baghawi, Imam Abu Muhammad Al-Baghawi mengutip perkataan sahabat ‘Ikrimah RA, “Yang dimaksud ‘malam yang diberkahi’ tersebut adalah malam Nisfu Sya’ban. Pada malam tersebut ditetapkanlah segala urusan untuk masa satu tahun dan orang-orang yang hidup dihapus (daftarnya) dari orang-orang yang meninggal. ” (Lihat: Abu Muhammad Al-Baghawi, Tafsir Al-Baghawi, VII/228)

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah