Jadwal Terbaru KIP Kuliah 2022: Cara Daftar, Syarat, dan Tahap Pendaftaran

- 5 Maret 2022, 11:00 WIB
Jadwal terbaru KIP Kuliah 2022 serta cara daftar, syarat, dan tahap pendaftaran.
Jadwal terbaru KIP Kuliah 2022 serta cara daftar, syarat, dan tahap pendaftaran. /UNSPLASH/MD Duran

BERITA DIY - Simak jadwal terbaru pendaftaran KIP Kuliah tahun 2022, disertai cara daftar, syarat yang perlu dipenuhi, dan tahap pendaftaran untuk menjadi penerima KIP Kuliah.

Program KIP Kuliah merupakan salah satu program Kemendikbud dalam rangka memberikan kesempatan bagi siswa yang berprestasi dan ingin melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi, namun terkendala biaya.

Melalui program ini, Pemerintah berharap dapat membatu meningkatkan pembangunan sumberdaya manusia serta mencetak generasi muda yang cerdas. Pada tahun-tahun sebelumnya, pemerintah sudah memberikan bantuan kepada ribuan mahasiswa.

LpBaca Juga: Cara Daftar Beasiswa LPDP Reguler Tahun 2022, Dapatkan Bantuan Biaya Pendidikan hingga Biaya Hidup

KIP Kuliah atau Kartu Indonesia Pintar Kuliah dapat digunakan untuk jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi mulai dari jalur SNMPTN, UTBK-SBMPTN, SBMPN, Seleksi Mandiri PTN, dan Seleksi Mandiri PTS.

Siswa yang telah dinyatakan lolos dan menjadi penerima KIP Kuliah akan mendapatkan bantuan berupa gratis biaya pendaftaran seleksi masuk Perguruan Tinggi, gratis biaya kuliah, dan bantuan biaya hidup selama menjalani perkuliahan.

KIP Kuliah akan membayarkan biaya kuliah secara langsung ke Perguruan Tinggi sebesar Rp2,4 juta per semester. Bantuan biaya hidup akan diterima oleh mahasiswa penerima KIP Kuliah sebesar Rp700 ribu per bulan, dan akan disalurkan setiap semester.

Baca Juga: Link Beasiswa LPDP 2022 Kategori Reguler, Syarat dan Cara Daftar di beasiswalpdp.kemenkeu.go.id

Bantuan biaya hidup akan diberikan selama 8 semester untuk penerima KIP Kulih S1 dan D4, 6 semester untuk D3, dan 4 semester untuk D2.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x