Isi Teks Sumpah Pemuda 28 Oktober Lengkap Makna yang Terkandung

- 27 Oktober 2021, 12:45 WIB
Ilustrasi - Isi teks naskah Sumpah Pemuda versi asli dan ejaan terbaru lengkap dengan makna yang terkandung.
Ilustrasi - Isi teks naskah Sumpah Pemuda versi asli dan ejaan terbaru lengkap dengan makna yang terkandung. /PIXABAY/ Free-Photos

BERITA DIY – Setiap tanggal 28 Oktober, masyarakat Indonesia selalu memperingati hari Sumpah Pemuda. Berikut isi teks naskah Sumpah Pemuda versi asli dan ejaan terbaru lengkap dengan makna yang terkandung di dalamnya.

Sumpah Pemuda merupakan ikrar yang dibuat oleh para pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Peristiwa ini terjadi pada 28 Oktober 1928 yang lalu, para pemuda Indonesia yang tergabung dalam organisasi pemuda berkumpul dan mengadakan konggres pemuda. Pada Konggres Pemuda II akhirnya seluruh pemuda tersebut mengucapkan ikrar Sumpah Pemuda.

Baca Juga: Sejarah Sumpah Pemuda 28 Oktober dan Isi Teks Naskah Sumpah Pemuda

Masih dalam suasana pandemi, peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 tahun ini mengangkat tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tak terasa 93 tahun sudah berlalu dan semangat para pemuda masih terus dirasakan.

Tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh” ini menggambarkan spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia, juga spirit para pemuda-pemudi untuk bangkit melawan pandemi COVID-19 dan untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda.

Untuk kembali menggelorakan semangat para pemuda Indonesia, mari kita tilik kembali isi teks naskah Sumpah Pemuda 28 Oktober versi asli dan ejaan terbaru serta makna yang terkandung di dalam teks Sumpah Pemuda.

 Baca Juga: Isi Teks dan Siapa Penulis Naskah Sumpah Pemuda, Ini Putusan Kongres hingga Arti dan Makna Sumpah Pemuda Kedua

Isi teks naskah Sumpah Pemuda 28 Oktober versi asli adalah sebagai berikut.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x