Sejarah dan Lirik Lagu Hari Santri Nasional 2021, Ini Link Download Logo dan Tema Perayaannya

- 21 Oktober 2021, 14:10 WIB
Simak sejarah dan lirik lagu Hari Santri Nasional 2021, berikut tema perayaannya di tengah pandemi COVID-19.
Simak sejarah dan lirik lagu Hari Santri Nasional 2021, berikut tema perayaannya di tengah pandemi COVID-19. /Tangkap layar kemenag.go.id

BERITA DIY - Simak sejarah dan lirik lagu Hari Santri Nasional 2021, berikut tema perayaannya di tengah pandemi COVID-19.

Pada tahun ini, tema yang diusung dalam Hari Santri 2021 ialah Santri Siaga Jiwa dan Raga. Tema itu diumumkan Menag Yaqut Cholil Qoumas pada 21 September 2021 lalu.

Tema itu merupakan bentuk pernyataan sikap santri Indonesia agar selalu siap siaga menyerahkan jiwa dan raga untuk membela tanah air, mempertahankan persatuan Indonesia, dan mewujudkan perdamaian dunia.

Baca Juga: Arti Logo dan Tema Hari Santri 2021, 22 Oktober Serta Ucapan atau Kata-kata yang Bisa Dibagikan di Medsos

"Siaga Jiwa Raga juga merupakan komitmen seumur hidup santri untuk membela tanah air yang lahir dari sifat santun, rendah hati, pengalaman, dan tempaan santri selama di pesantren,” ujar Yaqut dikutip dari laman Kemenag, Kamis, 21 Oktober 2021.

Selain itu, Siaga Jiwa bermakna pula bahwa santri tidak lengah menjaga kesucian hati dan akhlak, berpegang teguh pada akidah, nilai, dan ajaran Islam rahmatan lil’alamin serta tradisi luhur bangsa Indonesia. Karenanya, santri tidak akan pernah memberikan celah masuknya ancaman ideologi yang dapat merusak pemikiran dan komitmen terhadap persatuan dan kesatuan Indonesia.

Siaga Raga berarti badan, tubuh, tenaga, dan buah karya santri didedikasikan untuk Indonesia. Karenanya, santri tidak pernah lelah berusaha dan terus berkarya untuk Indonesia.

Baca Juga: Lirik Lagu Mars Santri, Peringati Hari Santri Nasional 2021 yang Jatuh pada 22 Oktober

Perayaan Hari Santri Nasional ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo dalam Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015. Penetapan ini juga ditujukan untuk meneladankan semangat jihad bagi para santri di Indonesia.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x