Efek Gerhana Matahari Pada Bumi, Gangguan Telekomunikasi hingga Pengaruh Kepada Binatang

- 10 Juni 2021, 15:00 WIB
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin pada 10 Juni 2021. Efek Gerhana Matahari Pada Bumi, Gangguan Telekomunikasi hingga Pengaruh Kepada Binatang.
Ilustrasi Gerhana Matahari Cincin pada 10 Juni 2021. Efek Gerhana Matahari Pada Bumi, Gangguan Telekomunikasi hingga Pengaruh Kepada Binatang. /Pixabay/Buddy_nath

BERITA DIY - Pada Kamis 10 Juni 2021, akan terjadi fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC). GMC ini akan menyebabkan sejumlah efek di Bumi mulai air pasang hingga berpengaruh pada lapisan ionosfer yang dapat mengganggu jaringan telekomunikasi.

Namun untuk efek pasang air laut pada suatu lokasi akibat GMC tergantung juga pada kondisi topografis pantai tersebut.

Gerhana Matahari Cincin ini akan menyebabkan terganggunya aktivitas telekomunikasi karena bumi kekurangan intensitas cahaya. Lapisan ionosfer akan terpengaruh oleh Gerhana Matahari. Lapisan ionosfer yang merupakan lapisan udara sekitar 100 kilometer lebih di atas permukaan bumi.

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin Terjadi Besok, Tonton Via Link Live Streaming Ini: Simak Daftar Tempat yang Bisa Lihat

GMC terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari.

GMC kali ini tidak semua tempat dapat menyaksikannya. GMC hanya dapat disaksikan di Pulau Ellesmere dan Baffin (Kanada) serta Kawasan Siberia (Rusia) dengan ketampakan maksimum terjadi pada pukul 17.43.05 WIB/ 18.43.05 WITA/ 19.43.05 WIT.

Sementara itu, wilayah seperti Greenland, Islandia, Eropa, Rusia, negara-negara Asia Tengah dan Tiongkok bagian Barat dapat menyaksikan GMC.

Baca Juga: Daftar Daerah yang Bisa Lihat Gerhana Matahari Cincin 10 Juni 2021, Bagaimana Dengan Indonesia?

Selain akan mengganggu jaringan telekomunikasi, GMC memiliki pengaruh bagi mata manusia. Melihat secara langsung ke fotosfer matahari (bagian cincin terang dari matahari) tanpa pelindung mata walaupun hanya dalam beberapa detik akibatnya akan fatal.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x