Arti Taqoballohumina wa minkum LENGKAP dengan Doa balasan atau jawabannya

- 12 Mei 2021, 20:10 WIB
Arti kata Taqabbalallahu Minna Wa Minkum.
Arti kata Taqabbalallahu Minna Wa Minkum. /pixabay/ outsideclick

BERITA DIY - Saat Hari Raya Idul Fitri pasti tidak asing dengan kalimat 'Taqoballohumina wa minkum' yang sudah menjadi tradisi saat lebaran. 

Kalimat ini seringkali diucapkan saat bertemu sahabat, kerabat maupun sanak saudara sebagai bukti suka cita di hari kemenangan.

Tidak hanya itu, kalimat tersebut juga menjadi perekat hubungan silaturahmi antar umat muslim setelah sebulan penuh berpuasa. 

Baca Juga: Kata-Kata Mutiara Idul Fitri 2021 Penuh Makna dan Hikmah

Namun, taukah kamu apa arti dari kalimat tersebut? Berikut penjelasan selengkapnya.

Dalam islam segala ucapaan adalah doa, sama halnya dengan kalimat 'Taqoballohumina wa minkum' yang mana artinya berisi doa dari penuturnya.

'Taqoballohumina wa minkum' adalah potongan/ringkasan dari kalimat asinya yakni "taqabbalallahu minna wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja’alanaallaahu wa iyyaakum minal ‘aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu ‘ammin wa antum bi khair". 

Yang mana artinya ialah semoga Allah menerima (amal ibadah Ramadhan) kami dan kamu. Wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah! Dan semoga Allah menjadikan kami dan kamu termasuk orang-orang yang kembali dan orang-orang yang menang serta diterima (amal ibadah). Setiap tahun semoga kamu senantia dalam kebaikan. 

Sedangkan arti dari 'Taqabbalallahu Minna Wa Minkum' adalah semoga Allah menerima (puasa dan amal) dari kami dan (puasa dan amal) dari kalian.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x