Pendaftaran Sampai Juni! Beasiswa LPDP S1 D4 Program Guru SMK, Cek Syarat dan Ketentuannya

- 7 Mei 2021, 13:06 WIB
Pendaftaran Sampai Juni! Beasiswa LPDP S1 D4 Program Guru SMK, Cek Syarat dan Ketentuannya
Pendaftaran Sampai Juni! Beasiswa LPDP S1 D4 Program Guru SMK, Cek Syarat dan Ketentuannya /lpdp.kemenkeu.go.id

BERITA DIY - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bekerja sama memberikan kesempatan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengikuti program beasiswa S1/D4 Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Beasiswa ini merupakan program baru dari perluasan program beasiswa LPDP pada 2021 untuk program-program vokasi.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim menyatakan, kebijakan program beasiswa LPDP yang sudah tersedia selama ini dirancang ulang agar proses seleksinya menjadi lebih sederhana.

Dengan begitu, beasiswa LPDP dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas dan lebih inklusif dengan sasaran akhirnya adalah untuk menciptakan sumber daya manusia unggul. 

Baca Juga: Jadwal, Syarat, dan Cara Daftar Beasiswa LPDP 2021 LENGKAP

Pernyataan itu disampaikan langsung oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam siaran pers saat peluncuran “Merdeka Belajar Episode 10: Perluasan Program Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan”, Kamis, 22 April 2021.

Sebagai bagian beasiswa LPDP dan Kemendikbud, program beasiswa S1/D4 Guru SMK diadakan Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud dari pendanaan LPDP dengan dana abadi pendidikan yang dikelola sebesar Rp61,1 triliun dari total alokasi dana abadi LPDP senilai total Rp70,1 triliun. 

Untuk mendapatkan beasiswa S1/D4 Guru SMK, calon peserta merupakan mahasiswa yang tengah duduk di bangku kuliah minimal semester 1 tahun akademik 2021/2022.

Beasiswa S1/D4 Guru SMK hanya disediakan sebanyak 7.300 bangku. Dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah terdaftar pada program studi di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang ditunjuk dan berhubungan dengan mata pelajaran muatan produktif atau kejuruan di SMK. 

Dikutip dari buku program beasiswa S1/D4 Guru SMK di laman https://beasiswa.kemdikbud.go.id. Program beasiswa ini dilaksanakan dalam satu tahun berjalan. Kendati demikian, beasiswa yang diberikan adalah empat tahun masa studi atau delapan semester.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x