Heboh Makhluk Aneh Diduga Gajah Mina Gemparkan Laut Natuna, LIPI Ungkap Itu Bangkai Paus Baleen

- 24 Maret 2021, 16:36 WIB
Ilustrasi. Heboh Makhluk Aneh Diduga Gajah Mina Gemparkan Laut Natuna, LIPI Ungkap Itu Bangkai Paus Baleen.
Ilustrasi. Heboh Makhluk Aneh Diduga Gajah Mina Gemparkan Laut Natuna, LIPI Ungkap Itu Bangkai Paus Baleen. /Pixabay/adriankirby

BERITA DIY - Kemunculan makhluk misterius di sekitar Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau (Kepri) menghebohkan warga Natuna. Mereka awalnya percaya bahwa makhluk tersebut adalah Gajah Mina.

Gajah Mina adalah hewan mitologi dalam kepercayaan masyarakat Natuna. Menurut mitologi yang berkembang di kalangan masyarakat Natuna, Gajah Mina memiliki kemiripan dengan gajah, yakni selain bertubuh besar, juga memiliki belalai dan bertelinga lebar. Yang menarik, makhluk yang bernama Gajah Mina itu bisa berenang.

Makhluk misterius yang berukuran sekitar 12 meter dan sempat menggemparkan masyarakat Natuna itu, ternyata adalah paus dengan jenis baleen atau mysticety. Hal tersebut diungkapkan peneliti mamalia laut di Pusat Penelitian Oseanografi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Baca Juga: Tak Terduga! Reymond Bikin Mama Rossa Bahagia, Angga Ungkap Hal Ini ke Andin di Ikatan Cinta Malam Ini

Baca Juga: Kabar Duka Selimuti Tanah Air, Ferdinand Hutahaean Sampaikan Doa atas Wafatnya Ibunda dari Gus Sahal

Dalam penjelasannya, paus jenis baleen atau mysticety ini memiliki rahang bawah yang terpisah sehingga terlihat seperti ada dua bagian yang seolah menyerupai  gading gajah.

Pihak Biro Organisasi dan Sumber Daya Manusia LIPI Sekar Mira mengatakan bahwa perbedaan gajah dan paus jenis baleen atau mysticety ini ialah gajah memiliki gading, sementara paus baleen memiliki rahang bawah yang tidak tersambung di kanan dan kiri sehingga berbentuk dua bagian layaknya dua gading pada gajah.

Lebih lanjut, Sekar Mira menjelaskan bahwa paus baleen merupakan jenis paus yang tidak memiliki gigi pada bagian rahang bawahnya. Namun demikian, paus tersebut memiliki semacam saringan yang terdapat pada mulutnya yang menyerupai sapu ijuk.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 24 Maret 2021: Mama Rossa Kesepian, Menyesal Usir Al dan Andin dari Pondok Pelita

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x