Doa Keluar Masjid setelah Melaksanakan Sholat Berjamaah atau Kegiatan Majelis Ta’lim

- 22 Februari 2021, 13:07 WIB
Ilustrasi Masjid.  Doa keluar masjid
Ilustrasi Masjid. Doa keluar masjid /Pixabay/jpeter2

BERITA DIY - Masjid sebagai tempat peribadatan umat muslim sebutannya juga sebagai Baitullah atau rumah Allah. Banyak kegiatan yang bisa dilaksanakan di masjid selain fungsi utama menjadi tempat peribadatan.

Menilik sejarah Islam, Rasulullah SAW dulu dalam perjalan awal dakwahnya untuk membangun masyarakat Islam salah satunya dengan mendirikan masjid-masjid dan mengorganisasi umat Islam agar mencintai masjid.

Bangunan masjid menjadi sentral dalam berbagai hal kegiatan umat baik utama maupun penunjang . Masjid kemudian memegang fungsi penting lainnya selain menjadi tempat ibadah.

Baca Juga: Krisis Air Bersih di NTT, Pangdam IX Udayana dan Shopee Indonesia Komitmen Berikan Solusi

Masjid setidaknya punya tiga fungsi mendasar, yaitu fungsi zikir, fungsi pikir, dan fungsi sosial. Di dalam fungsi zikir tentunya menjadi wadah bagi para umat untuk mendekatkan diri dan menjalin komunikasi dengan Allah SWT.

Adapun kegiatan seperti TPA, TPQ, pusat pengajaran pendidikan, pengajian, musyawarah, tempat akad nikah, dan perlindungan masuk ke dalam fungsi pikir dan fungsi sosial.

Banyaknya kegiatan yang bisa dilakukan di masjid tentu saja para jamaah menginginkan kegaitannya menjadi berkah.

Baca Juga: Sudah Dibuka! Ini Cara Daftar Akun Kartu Prakerja 2021: Siapkan Syarat dan Klik Link Ini

Ketika hendak keluar dari masjid usai melaksanakan solat berjamaah maupun kegiatan-kegiatan Majelis Ta’lim, sebaiknya baca doa keluar dari masjid sesuai sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW.

Adapun doa keluar dari masjid adalah sebagai berikut dalam bahasa arab, latin, dan terjemahan Indonesia:

Halaman:

Editor: Adestu Arianto


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x