Luar Biasa! Sri Mulyani Terpilih Jadi Co-Chair Koalisi Menkeu Dunia untuk Aksi Perubahan Iklim

- 12 Februari 2021, 20:00 WIB
Luar Biasa! Sri Mulyani Terpilih Jadi Co-Chair Koalisi Menkeu Dunia untuk Aksi Perubahan Iklim.
Luar Biasa! Sri Mulyani Terpilih Jadi Co-Chair Koalisi Menkeu Dunia untuk Aksi Perubahan Iklim. /Instagram.com/ @smindrawati

BERITA DIY - Menteri Keuangan (Menkeu) RI Sri Mulyani Indrawati terpilih sebagai Co-Chair dari the Coalition of Finance Ministers for Climate Action atau Koalisi Menteri Keuangan Dunia untuk Aksi Perubahan Iklim periode 2021-2023 menggantikan Menteri Keuangan Chile.

Pemilihan Co-Chair dilakukan melalui pemungutan suara (voting) yang diikuti oleh para menkeu dari 52 negara anggota Koalisi untuk memilih satu di antara 3 Menteri Keuangan: Indonesia, Filipina, dan Uganda pada 10 Februari 2021.

Baca Juga: Macam-macam Beras dan Manfaatnya yang Jarang Diketahui Orang

Sebagaimana diumumkan oleh Sekretariat Koalisi, Indonesia akan menjalankan peran tersebut bersama dengan Finlandia sebagai Co-Chair Koalisi.

Terpilihnya Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan exposure, posisi strategis dan peran Indonesia yang kian penting di dunia internasional setelah penetapan Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022 dan Chairmanship ASEAN tahun 2023.

Terpilihnya Indonesia menjadi co-chair Koalisi juga mengafirmasi kepercayaan komunitas aksi perubahan iklim global yang besar pada Indonesia.

“Indonesia dipercaya global untuk mengarahkan dan menangani masalah perubahan iklim. Hal ini tentunya tidak lepas dari berbagai aksi nyata mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia selama ini”, kata Menkeu Sri Mulyani dikutip dari laman kemenkeu.go.id, Kamis 11 Februari 2021.

Indonesia sendiri dalam upaya pengendalian perubahan iklim memiliki komitmen yang kuat salah satunya melalui berbagai kebijakan dan instrumen. Kebijakan dan instrumen terkait pendanaan antara lain penandaan APBN untuk perubahan iklim (budget tagging), pembentukan Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) selaku pengelola beragam dana terkait kehutanan, energi dan sumber daya mineral, perdagangan karbon dan lainnya terkait lingkungan hidup di berbagai kementerian/lembaga.

Baca Juga: Ramalan Asmara Zodiak Besok, 13 Februari 2021: Saatnya Habiskan Waktu Bersama Pasangan

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: setkab.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x