Apa Itu DuckDuckGo? Mesin Pencarian Tandingan Google, Punya Kelebihan Dalam Menjaga Privasi Pengguna

- 25 Februari 2022, 13:30 WIB
Apa itu DuckDuckGo, mesin pencarian tandingan Google dengan kelebihan dalam menjaga privasi pengguna.
Apa itu DuckDuckGo, mesin pencarian tandingan Google dengan kelebihan dalam menjaga privasi pengguna. / Tangkapan layar/DuckDuckGo.com

BERITA DIY- DuckDuckGo adalah mesin pencarian yang diciptakan untuk menandingi Google. Simak ulasan DuckDuckGo, mesin pencarian mirip Google namun dengan kelebihan ini.

Mesin pencarian ini diciptakan oleh Gabriel Weinberg yang juga menjadi CEO perusahaan teknologi tersebut. Aplikasi ini resmi dirilis di depan publik pada tahun 2008, dan sekarang aplikasi DuckDuckGo diketahui sudh digunakan lebih dari 3 miliar pencarian dalam setiap bulan.

Namun sayangny di Indonesia, DuckDuckGo belum terlalu dikenal oleh mayoritas pengguna internet. Hal tersebut terjadi selain karena dominasi Google, pengguna internet di Indonesia belum terlalu menyadari pentingnya menjaga keamanan privasi.

Baca Juga: Mengenal Yandex: Platform Mesin Pencari Asal Rusia yang Mirip Google Tapi Punya Fitur Canggih ini

DuckDuckGo hadir dengan komitmen serius yakni untuk menjaga privasi pengguna. Bahkan dalam laman website spreadprivacy.com mengatakan bahwa mesin pencarian DuckDuckGo tidak di desain untuk melacak, atau merekam aktivitas internet pengguna.

Dikutip dari theverge.com, Weinberg menjelaskan bahwa perangkat yang digunakan akan langsung memberikan keamanan privasi yang kuat tanpa dimintai, saat menggunakan DuckDuckGo sebagai mesin pencarian.

Teknologi yang diaplikasikan pada DuckDuckGo sebenarnya hampir sama dengan Google. Namun kelebihan dari DuckDuckGo yang dapat dilihat dari website resmi DuckDuckGo.com adalah kebijakan dalam melindungi privsi pengguna adalah prioritas utama dalam pengembangan teknologi ini.

Baca Juga: Cara Download Lagu MP3 YouTube Tanpa Aplikasi di HP, Bukan Pakai Google Chrome dan MP3Skulls Free Download

Bahkan perusahaan ini memiliki aplikasi khusus yang diciptakan untuk melindungi smartphone dari pelacak. Dalam keterangan yang dimuat dalam website tersebut mengatakan bahwa aplikasi DuckDuckGo telah melakukan pemblokiran terhadap website atau aplikasi pelacak.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x