Apa Itu Kartu Biru Dalam Sepak Bola, Apa Bedanya dengan Kartu Merah dan Kuning? Ini Kegunaanya!

- 9 Februari 2024, 13:52 WIB
Ilustrasi - Apa itu kartu biru dalam sepak bola dan apa bedanya dengan kartu merah dan kuning.
Ilustrasi - Apa itu kartu biru dalam sepak bola dan apa bedanya dengan kartu merah dan kuning. /Freepik/master1305

BERITADIY - Simak apa itu kartu biru dalam sepak bola, apa bedanya dengan kartu merah dan kuning, dan kegunaanya, di sini.

Baru-baru ini sedang ramai terkait kemunculan kartu biru dalam dunia sepak bola, penambahan hukum peraturan yang secara mendadak ini membuat banyak orang kebingungan.

Apa fungsi kartu biru dalam sepak bola? untuk apa penambahan kartu biru ini, apakah kurang kartu merah dan kuning menjadi hukum di lapangan?

Untuk lebih mengetahui tentang apa fungsi kartu biru dan apa bedanya dengan kartu merah simak info berikut.

Baca Juga: Arti Kartu Biru dalam Sepak Bola Adalah Apa, Kenapa Memicu Kontroversi? Ini Hukuman dan Penjelasan FIFA

Dewan Asosiasi Sepak Bola International (IFAB) dalam beberapa waktu lalu memperkenalkan aturan baru yaitu kartu biru, selain kartu kuning dan merah. 

Cara penggunaan kartu biru ini akan dikeluarkan oleh wasit kepada pemain yang memprotes wasit dengan cara yang tidak baik dan melakukan cynical foul.

Seperti merendahkan wasit, mempertanyakan kualitas wasit, membanting bola ke tanah atau melakukan tepuk tangan terhadap keputusan wasit secara sinis.

Aturan ini berlaku pada semua pemain di dalam lapangan tak terkecuali kiper, pemain yang bebas aturan ini hanya pemain yang duduk di bangku cadangan.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x