ANBK Adalah Apa? Ini Arti Singkatan, Juknis, dan Jadwal Simulasi ANBK 2023 untuk SD, SMP, SMA, dan SMK

- 21 Agustus 2023, 14:47 WIB
ANBK adalah apa? Ini arti arti singkatan itu, juknis, dan jadwal simulasi ANBK 2023 untuk siswa SD, SMP, SMA, dan SMK.
ANBK adalah apa? Ini arti arti singkatan itu, juknis, dan jadwal simulasi ANBK 2023 untuk siswa SD, SMP, SMA, dan SMK. /YUSUF NUGROHO/ANTARA FOTO/YUSUF NUGROHO

BERITA DIY - ANBK adalah apa? Ini arti singkatan, juknis, dan jadwal simulasi ANBK 2023 untuk SD, SMP, SMA, dan SMK.

Saat ini banyak orang yang belum mengetahui apa itu ANBK, ANBK adalah apa, hingga ANBK singkatan dari apa, tujuan, dan hal lain yang terkait dengannya.

Padahal ANBK ini berkaitan erat dengan ujian yang akan dihadapi oleh siswa SD, SMP, hingga SMA di Indonesia dalam waktu dekat ini.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau ANBK adalah program penilaian terhadap mutu di setiap sekolah dan madrasah yang bertujuan untuk menyetarakan kualitas pendidikan di jenjang sekolah dasar dan menengah.

Baca Juga: Cara Membuat Transfer Response Gladi Bersih ANBK 2023 Semi Daring Lengkap Langkah dari Awal sampai Akhir

Dilansir dari Pusmendik Kemendikbudristek, ASNBK ini tidak menentukan kelulusan seorang siswa dan tidak diberikan di akhir jenjang pendidikan.

Adapun peserta ANBK ini adalah siswa SD, SMP, dan SMA dan diikuti oleh siswa kelas 5, kelas 8, dan kelas 11 yang dipilih secara acak oleh pemerintah. Selain itu, penilaian ini juga diikuti oleh guru dan kepala sekolah.

ANBK ini juga tidak bertujuan untuk menggantika Ujian Nasional (UN) dalam mengevaluasi prestasi atau hasil belajar murid secara individual.

Bentuk soal Asesmen Nasional terdiri dari :

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x