Kampus Mengajar 2021 Sudah Dibuka! Nadiem Makarim Tantang Mahasiswa Mengajar di SD Terpencil, Ini Keuntunganya

- 10 Februari 2021, 11:03 WIB
Nadiem Makarim Resmi Meluncurkan Program Kampus Mengajar Batch 1, mahasiswa yang mengikuti program ini berkesempatan mendapatkan bantuan biaya hidup dan UKT.
Nadiem Makarim Resmi Meluncurkan Program Kampus Mengajar Batch 1, mahasiswa yang mengikuti program ini berkesempatan mendapatkan bantuan biaya hidup dan UKT. /Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia/@Kemdikbud_RI

BERITA DIY - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim meluncurkan program kerja Kampus Mengajar 2021.

Dirinya menantang seluruh mahasiswa di Indonesia baik Negeri maupun Swasta untuk ikut berkontribusi dan berkolaborasi mengajar siswa Sekolah Dasar (SD) di daerah 3T (tertinggal, terdepan dan terluar) selama 12 minggu.

"Saya mengajak temen-temen mahasiswa dari seluruh Indonesia, untuk beraksi, berkolaborasi, dan berkreasi selama 12 minggu untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di Sekolah Dasar, terutama di daerah 3T," terang Nadim, dikutip Berita DIY melalui akun Youtube KEMENDIKBUD RI, Rabu, 10 Februari 2021.

Baca Juga: Flashdisk Roy Siap Jebloskan Elsa ke Penjara? Al Takut Pak Sodikin: Bocoran Ikatan Cinta Episode 160

Tidak hanya itu, program ini di dukung dengan menawarkan sejumlah keuntungan yang akan diperoleh mahasiswa dan dosen apabila mengikuti kegiatan Kampus Mengajar.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam menjelaskan keuntungan yang dijanjikan di antaranya:

1. Pemerintah akan memberikan bantuan uang kuliah hingga Rp2,4 juta dan biaya hidup sebesar Rp700 ribu per bulan.

2. Mahasiswa yang lolos seleksi dalam program Kampus Mengajar dapat menkonversikan mata kuliah dan memperoleh nilai setara 12 satuan kredit semester (SKS).

3. Dosen yang menjadi pembimbing program akan diberikan insentif dan sertifikat. Partisipasi mahasiswa pun akan dinilai sebagai indikator kinerja masing-masing perguruan tinggi.

Halaman:

Editor: Adestu Arianto

Sumber: Kemdikbud RI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x