Harga Seblak Level Tertinggi Tak Semahal Nyawa Penjelajah Jalanan, Catatan Journalist Camp 2023

- 6 Desember 2023, 20:41 WIB
Dari kiri: MC, Hari Setiawan (Instruktur Safety Riding Honda Jawa Timur), dan Satrya Graha Laksana (Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat Media Network).
Dari kiri: MC, Hari Setiawan (Instruktur Safety Riding Honda Jawa Timur), dan Satrya Graha Laksana (Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat Media Network). /PRMN

BERITA DIY - Membeli seblak lebih penting daripada mengganti oli motor. Ungkapan ini viral dalam berbagai postingan oleh seorang wanita di jagat maya.

Menurut sang pengunggah, uang yang tidak lebih dari Rp100.000 ini lebih enak digunakan untuk membeli seblak --makanan khas Bandung--, dibandingkan untuk mengganti oli motor yang hanya berputar-putar di dalam mesin.

Pengetahuan soal urgensi pemeliharaan kendaraan bermotor ini ternyata tak lebih banyak disadari masyarakat dibandingkan viralnya candaan ibu-ibu sein kiri belok kanan.

Padahal, harga nyawa seseorang jauh lebih mahal daripada seporsi seblak pedas level tertinggi sekalipun.

Badan Pusat Statistik (BPS) menghimpun, jumlah korban kecelakaan lalu lintas meningkat sejak tahun 2019 hingga 2021.

Baca Juga: 4 Garansi New Honda Scoopy 2024 Harga Rp 21 Jutaan, Termasuk Rangka eSAF Patah

Dari 103.645 kejadian di tahun 2021, sebanyak 25.266 orang meninggal, 10.553 orang luka berat, dan 117.913 luka ringan.

Mantan Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat, Pudji Hartanto menjelaskan, pada tahun 2017 lalu, setiap jam ada satu orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas di jalan.

Penyebab terbesarnya (61%) adalah faktor kelalaian manusia. Sisanya faktor kendaraan, kondisi jalan, hingga faktor alam.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x