12 Juta Nama Penerima Sudah Dikantongi, Subsidi Gaji Ditransfer Mulai 25 Agustus

- 16 Agustus 2020, 18:41 WIB
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat memberikan Keynote Speech pada webinar di Jakarta pada Rabu, 5 Agustus 2020.
Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah saat memberikan Keynote Speech pada webinar di Jakarta pada Rabu, 5 Agustus 2020. /Antara

BERITA DIY – Subsidi sebesar Rp 600 ribu per bulan bagi karyawan bergaji di bawah Rp 5 juta akan dicairkan bulan ini, tepatnya tanggal 25 Agustus 2020. Hal ini dikatakan oleh Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah.

Hingga kini, pemerintah sudah melakukan pendataan sebanyak 12 juta nomor rekening yang sudah diverifikasi oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK). Pencairan subsidi ini juga dibarengi dengan peluncuran program oleh Presiden Joko Widodo secara langsung.

“Datanya sudah 12 juta nomor rekening yang sudah masuk. Kita merencanakan, Pak Presiden akan menyerahkan secara langsung, meluncurkan program ini insya Allah tanggal 25 Agustus ini,” ujar Ida seperti dikutip dari Antara, Minggu, 16 Agustus 2020.

Subsidi ini akan diberikan sebesar Rp 600 ribu selama empat bulan, dengan jumlah total penerima sebanyak 15.725.232 pekerja swasta dan pegawai honorer di instansi pemerintahan yang bergaji di bawah Rp 5 juta per bulan.

Selain itu, penerima subsidi ini juga harus terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan per 30 Juni 2020. BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan validasi data dan Kementerian Ketenagakerjaan akan menerima datanya.

“Jadi penerima upah yang dilaporkan BPJS Ketenagakerjaan di bawah Rp 5 juta, yang dilaporkan perusahaan. Kita minta teman-teman BPJS Ketenagakerjaan memvalidasi datanya dan kami di Kementerian Ketenagakerjaan menerima datanya dari BPJS Ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Lebih lanjut lagi, Ida juga menjelaskan bahwa bagi pekerja yang belum mendapatkan subsidi gaji akan mendapatkan bantuan dari program-program lainnya, seperti Program Kartu Prakerja dan bantuan dari Kementerian Sosial.***

 

 

Editor: F Akbar

Sumber: Permenpan RB


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x