Langkah Formula E Jakarta Wujudkan Komitmen Indonesia Menuju Transisi Energi yang Ramah Lingkungan

- 20 Mei 2022, 20:34 WIB
Jakarta E-Prix atau Formula E sebagai cerminan langkah Indonesia menuju transisi energi yang ramah lingkungan.
Jakarta E-Prix atau Formula E sebagai cerminan langkah Indonesia menuju transisi energi yang ramah lingkungan. /Unsplah/Bill Stephan

BERITA DIY - Polusi udara merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi kota-kota besar di dunia. Ini juga merupakan salah satu penyebab perubahan iklim dan pemanasan global.

Pada tahun 2021, Indonesia menempati ranking 17 sebagai negara dengan indeks kualitas udara terburuk di dunia berdasarkan konsentrasi polutan versi laporan tahunan IQAir.

Konsentrasi polutan PM 2,5 di tanah air mencapai 34,3 µg/m³. Konsentrasi PM2,5 di udara Indonesia ini lebih tinggi 6,8 kali dari nilai panduan WHO, 5 µg/m³.

Emisi karbon juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan seperti gangguan saluran pernafasan, penyakit jantung, kanker berbagai organ tubuh, gangguan reproduksi, hingga hipertensi (tekanan darah tinggi).

Isu ini menjadi pembahasan penting di berbagai negara dan akan diangkat Indonesia dalam Presidensi G20 pada Oktober 2022 mendatang.

Indonesia sendiri menargetkan net zero emissions pada tahun 2050 dan penurunan emisi karbon pada tahun 2030 mencapai di 29%. Sementara Jakarta menargetkan emisi karbon turun hingga 30-50 persen pada 2030.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencapai target itu. Salah satunya adalah membentuk sistem transportasi bebas emisi, berkelanjutan, dan terintregasi.

Formula E

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berencana untuk menyelenggarakan Jakarta E-Prix, sebuah kompetisi balap mobil listrik Formula E tahunan, pada 4 Juni 2022 mendatang.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x