Apakah Benar PIP Tahap 3 Cair Hari Ini, Cek Nama Siswa KIP Penerima Bantuan Tunai per November Lewat HP

- 17 November 2023, 12:50 WIB
Ilustrasi- Cek nama siswa KIP, apakah benar PIP tahap 3 cair hari ini, cek nama siswa KIP penerima bantuan tunai sekolah per November lewat HP.
Ilustrasi- Cek nama siswa KIP, apakah benar PIP tahap 3 cair hari ini, cek nama siswa KIP penerima bantuan tunai sekolah per November lewat HP. /Tangkap layar instagram.com/@sobatpip
 
BERITA DIY - Informasi apakah benar PIP tahap 3 cair hari ini, cek nama siswa KIP
penerima bantuan tunai sekolah per November lewat HP.
 
Hingga pertengahan bulan November, masih banyak siswa KIP yang masih menantikan kabar apakah benar bantuan tunai PIP akan cair hari ini.
 
Siswa bisa cek nama penerima PIP per November secara online dan mandiri melalui HP dengan mengakses laman SIPINTAR.
 
Adapun siswa sekolah yang bisa mendapatkan bantuan PIP dari pemerintah pada tahun 2023 ini yakni mereka pemilik KIP yang duduk dibangku SD, SMP, SMA, dan SMK.
 
 
Bantuan tunai ini akan langsung cair melalui rekening bank BRI, BNI, dan BSI atas nama siswa sekolah dan bukan milik orang tua.
 
Sedangkan pada tahap 3 penyaluran PIP ini, pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp2,8 triliun yang akan dibagikan kepada siswa pemilik KIP dengan rincian seperti berikut.
 
- Siswa SD : Rp225.000 - Rp450.000
 
- Siswa SMP : Rp375.000 - Rp750.000
 
- Siswa SMA : Rp500.000 - Rp1 juta
 
Bantuan PIP ini hanya akan cair satu kali saja dalam setahun, maka dengan itu untuk memastikan apakah terdaftar sebagai penerima atau tidak pada tahap 3 bisa cek dengan cara berikut.
 
 
Cara Cek Siswa KIP Penerima PIP
 
1. Masuk pada laman SIPINTAR di pip.kemdikbud.go.id
 
2. Temukan kolom "Cari Penerima PIP"
 
3. Login dengan NIK dan NISN
 
4. Ketikkan hasil penjumlahan yang tersedia
 
5. Klik "Cari Penerima PIP"
 
Siswa bisa menemukan informasi terkait penerimaan PIP sekaligus pencairan bantuan sekolah ini di rekening.
 
Apabila SK Pemberian siswa KIP sudah terbit dengan status "Dana Sudah Masuk" dan tertanggal hari ini, maka dapat dipastikan bawa bantuan PIP cair hari ini.
 
 
Namun apabila SK Pemberian belum ada tambahan status tersebut, siswa KIP perlu untuk bersabar, karena bantuan PIP akan segera cair dalam waktu dekat pada November - Desember mendatang.
 
Tetapi jika baru mendapatkan SK Nominasi saja, maka siswa dianjurkan untuk segera aktivasi rekening sebelum tahap 3 penyaluran PIP berakhir.
 
Jika merujuk pada jadwal penyaluran resmi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, bantuan PIP tahap 3 penyalurannya akan berakhir pada penghujung tahun 2023 ini.
 
Selanjutnya jika siswa belum memiliki KIP, dan data tidak ditemukan pada laman SIPINTAR maka bisa ajukan penerimaan bantuan dengan cara berikut.
 
 
Cara Ajukan jadi Penerima PIP
 
1. Siswa tidak punya KIP, bisa daftar dengan KKS atau SKTM
 
2. Serahkan fotokopi KKS atau SKTM asli ke pihak sekolah dengan dilengkapi berkas berikut:
- Fotokopi KK
- Fotokopi akta kelahiran
- Fotokopi rapot
- Formulir identitas diri dari sekolah
 
3. Pihak sekolah akan mengusulkan nama siswa untuk menjadi calon penerima KIP ke dinas terkait
 
4. Siswa bisa menunggu informasi selanjutnya melalui pihak sekolah atau cek berkala pada laman SIPINTAR
 
Namun nantinya siswa akan memiliki kesempatan mendapatkan bantuan PIP pada tahun 2024, karena pada tahun 2023 ini penyaluran PIP akan fokus pada siswa yang sudah memiliki KIP saja.
 
Demikianlah informasi apakah benar PIP tahap 3 cair hari ini, cek nama siswa KIP penerima bantuan tunai sekolah per November lewat HP.***

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah