INI Rute Takbir Keliling Jogja Lebaran Idul Fitri 2024, Catat di Mana Saja agar Tidak Terjebak Macet

- 8 April 2024, 15:00 WIB
Ilustrasi - Rute takbir keliling kota Jogja lebaran Idul Fitri 2024. Yuk catat di mana saja agar tidak terjebak macet di Yogyakarta.
Ilustrasi - Rute takbir keliling kota Jogja lebaran Idul Fitri 2024. Yuk catat di mana saja agar tidak terjebak macet di Yogyakarta. /Sudarno Ahmad Nashori/IniPurworejo

BERITA DIY - Berikut ini rute takbir keliling Jogja Lebaran Idul Fitri 2024. Yuk catat di mana saja agar tidak terjebak macet.

Saat malam takbiran, takbir keliling Lebaran idul Fitri 2024 akan digelar di beberapa daerah termasuk Jogja. Takbir keliling akan diadakan pada malam 1 Syawal 1445 H atau Selasa, 9 April 2024.

Pada hari terakhir Ramadan dan menjelang bulan Syawal, umat Islam dianjurkan untuk melafalkan takbir Idul Fitri.

Dalam surah Al-Bqarah ayat 185 dijelaskan adanya firman Allah Swt. supaya umat Islam mengagungkan nama-Nya saat menutup bulan Ramadhan. Firman itu berbunyi sebagai berikut:

Baca Juga: Perlengkapan dan Aksesoris TAKBIR KELILING: Obor Hingga Rebana, Ini 8 Alat Bikin Malam Takbiran Makin Meriah

"...........Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

Lafal takbir sendiri dikumandangkan sejak terbenamnya matahari pada hari terakhir Ramadhan hingga sebelum pelaksanaan salat Id pada tanggal 1 Syawal.

Tradisi Takbir Keliling

Takbir keliling menjadi tradisi di malam 1 Syawal 1445 H di sejumlah wilayah di Indonesia.

Adanya takbir keliling bertujuan untuk meningkatkan silaturahmi dan mengagungkan nama Allah Swt.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x