3 Dosen UGM Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Warga Lereng Merapi Lewat Pengembangan Agroforesti Non Kayu

- 24 Oktober 2023, 17:12 WIB
Penyerahan kotak lebah tahap kedua kepada Kelompok Tani Hutan Sedyo Makmur. 3 Dosen UGM Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Warga Lereng Merapi Lewat Pengembangan Agroforesti Non Kayu.
Penyerahan kotak lebah tahap kedua kepada Kelompok Tani Hutan Sedyo Makmur. 3 Dosen UGM Bantu Tingkatkan Kesejahteraan Warga Lereng Merapi Lewat Pengembangan Agroforesti Non Kayu. /BeritaDIY/HO/Ahmad Rahma Wardana

BERITA DIY - Tiga dosen Universitas Gadjah Mada (UGM), Muhammad Navis Rofii (Fakultas Kehutanan), Najmu Tsaqib Akhda (Fakultas Pertanian), dan Satyaguna Rakhmatulloh (Fakultas Peternakan) berhasil mendapatkan Hibah Pemberdayaan Kemitraan Masyarakat dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia tahun anggaran 2023.

Disinergikan dengan dua skema hibah pemberdayaan lain dari Direktorat Pengabdian kepada Masyarakat UGM (Teknologi Tepat Guna dan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan), program tersebut menyasar pada peningkatan kesejahteraan masyarakat lereng gunung Merapi, tepatnya di Dusun Kaliurang Timur, Kalurahan Hargobinangun, Kapanewon Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sasarannya adalah Kelompok Tani Hutan (KTH) Sedyo Makmur.

Program berjudul “Pemberdayaan Masyarakat Lereng Merapi melalui Pengembangan Agroforestri Berbasis Produk Non Kayu” ini memanfaatkan kopi, madu, dan lokasi wisata ‘Tankaman Natural Park’ (TNP) sebagai faktor pengungkit utama hadirnya tambahan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Baca Juga: Universitas di Yogyakarta Ini Menawarkan Kuliah Gratis melalui Beasiswa KIP Kuliah 2023, Apakah Ada UGM & UNY?

Hadirnya TNP merupakan hasil inisiasi dari kelompok pemuda untuk memanfaatkan tebing yang menjadi gardu pandang alami ke arah puncak Gunung Merapi.

‘Tankaman’, yang merupakan akronim dari ‘wetan pemakaman’ atau ‘sebelah timurnya pemakaman’, saat ini dikunjungi ribuan wisatawan setiap bulannya.Sebagai bagian program, pada Selasa, 17 Oktober 2023, Tim Pengabdian Universitas Gadjah Mada (UGM) menyerahkan kotak lebah tahap kedua (20 kotak) kepada KTH Sedyo Makmur.

Masih akan ada 62 kotak lagi yang akan diberikan kepada masyarakat, yang penyerahannya akan dibersamai dengan pelatihan membagi koloni, memisahkan madu dan propolis, serta memanen madu.

“Saya sudah lama ingin mencoba memelihara lebah madu, tetapi takut tersengat. Ini kesempatan bagus karena lebahnya jenis yang tidak menyengat. Saya semangat sekali untuk mencobanya,” kata Sri Hartati, anggota KTH Sedyo Makmur antusias mengomentari datangnya kotak lebah.

Baca Juga: Besaran Biaya Kuliah Kedokteran Jalur Mandiri Angkatan 2023 untuk UGM, UI, Undip, dan Unpad

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x