Doa Menjenguk Orang Sakit Agar Segera Sembuh: Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

- 16 Oktober 2020, 12:30 WIB
Ilustrasi Seorang pasien sembuh COVID-19 mendonorkan plasma darahnya di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/9/2020). Menurut Kepala Bagian Pengelolaan Darah UTD PMI Surabaya, Vebrie Ariani persediaan stok plasma konvalesen minim karena peningkatan jumlah permintaan dari rumah sakit di Surabaya dan sekitarnya.
Ilustrasi Seorang pasien sembuh COVID-19 mendonorkan plasma darahnya di Unit Transfusi Darah (UTD) Palang Merah Indonesia Kota Surabaya, Jawa Timur, Jumat (18/9/2020). Menurut Kepala Bagian Pengelolaan Darah UTD PMI Surabaya, Vebrie Ariani persediaan stok plasma konvalesen minim karena peningkatan jumlah permintaan dari rumah sakit di Surabaya dan sekitarnya. /ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

BERITA DIY - Menjenguk orang yang sedang sakit adalah bagian dari anjuran Rasulullah SAW kepada umatnya. 

Bukan tanpa sebab, menjenguk seseorang yang sedang sakit memiliki beberapa keutamaan dalam islam.

Salah satunya seperti yang diriwayatkan dalam hadist Nabi,  “Tiada seorang muslim yang menjenguk orang muslim pada pagi hari kemerdekaan berdoa 70 ribu malaikat sampai sakit. Jika menjenguknya waktu sakit, berdoa 70 ribu malaikat sampai pagi. Dia juga memiliki buah panenan di surga. ” (HR. Imam Turmudzi).

Baca Juga: Bacaan Doa Ketika Hujan: Saat Turun,Deras Disertai Petir dan Angin,Meminta Berhenti (Arab-Indonesia)

Berikut doa kesembuhan yang dibaca Rasulullah untuk keluarganya sebagaimana diriwayatkan dalam Bukhari dan Muslim dari Aisyah RA.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا


Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 113).

Baca Juga: Niat Puasa Senin dan Kamis: Bahasa Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Sedangkan, Abu Dawud dan At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW menganjurkan baca doa berikut ini sebanyak 7 kali di hadapan orang yang sakit.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin

Sumber: NU Online


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x