Selain Sesar Meratus, ini Lokasi Sesar Aktif di Indonesia Ada Potensi Gempa Bumi Besar

- 15 Februari 2024, 13:52 WIB
Ilustrasi. Selain sesar Meratus, ini daftar sesar aktif di Indonesia yang berpotensi terjadi gempa bumi besar dan lokasinya.
Ilustrasi. Selain sesar Meratus, ini daftar sesar aktif di Indonesia yang berpotensi terjadi gempa bumi besar dan lokasinya. /Freepik/jcomp

BERITADIY - Simak info selain Sesar Meratus, berikut daftar lokasi sesar aktif di Indonesia yang berpotensi terjadi gempa bumi besar dan lokasinya.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika(BMKG), Daryono saat siaran pers di Jakarta pada 30 November 2022 mengatakan bahwa telah terjadi 45 kali gempa bumi mematikan akibat sesar aktif di Indonesia.

Indonesia sendiri memiliki kurang lebih 295 sesar aktif yang berpotensi menyebabkan gempa bumi mematikan.

Sesar aktif atau patahan adalah lapisan kulit bumi atau kerak bumi yang merekah atau patah dan mengalami pergeseran.

Baca Juga: Daftar Sesar Aktif di Jawa Barat Selain Sesar Lembang, Wajib Diwaspadai dan Lokasi Daerah yang Dilalui

Untuk mempermudah, gambaran lapisan kulit bumi ini seperti cangkang telur dengan kulit luar dan kulit dalam.

Lapisan kulit bumi yang pecah akan membuat lempengan batu dalam kulit bumi bergeser dan akhirnya menyebabkan gempa bumi.

Pulau jawa sendiri memiliki 37 sesar aktif mengutip dari laman bpbd.banyumaskab.go.id, di antaranya terletak: Sesar Cimandiri, Sesar Cirebon, Sesar Brebes, Sesar Pekalongan, Sesar Semarang, Sesar Opak, serta Sesar Kendeng.

Salah satu sesar aktif terbesar di pulau jawa adalah Sesar Lembang. Sesar ini pernah menyebabkan gempa bumi besar tahun 1699, 1834, dan 1900.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x