Jadwal Sholat Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan Semarang Hari Ini Senin 19 Juni 2023, Cek Jam Adzan

- 19 Juni 2023, 13:20 WIB
Jadwal sholat Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang hari ini Senin 18 Juni 2023. Lengkap dari jadwal adzan subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.
Jadwal sholat Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang hari ini Senin 18 Juni 2023. Lengkap dari jadwal adzan subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya. /Freepik.com/@rawpixel.com

BERITA DIY - Berikut informasi mengenai jadwal sholat Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Semarang hari ini Senin, 19 Juni 2023. Lengkap dari jadwal adzan Subuh, Dzuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Adzan merupakan panggilan untuk melaksanakan sholat. Adzan pertamakali diadakan saat Rasulullah di Madinah.

Orang yang membawakan adzan disebut juga dengan muadzin. Muadzin pertama ialah Bilal bin Rabah. Ia mendapat julukan Muadzdzin Ar-Rasul.

Jadwal sholat hari ini ditentukan dari waktu adzan berkumandang. Jadwal sholat di Yogyakarta, Jakarta, Bandung, dan Surabaya memiliki selisih beberapa menit.

Baca Juga: Jadwal Sholat Yogyakarta Hari Ini Selasa 30 Mei 2023. Lengkap Apa Saja Rukun Sholat Agar Tidak Batal

Syariat adzan ini pertamakali diperintahkan pada tahun 1 Hijriah. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadits berikut:

كَانَ الْمُسْلِمُونَ حِينَ قَدِمُوا الْمَدِينَةَ يَجْتَمِعُونَ فَيَتَحَيَّنُونَ الصَّلاَةَ ، لَيْسَ يُنَادَى لَهَا ، فَتَكَلَّمُوا يَوْمًا فِى ذَلِكَ ، فَقَالَ بَعْضُهُمْ اتَّخِذُوا نَاقُوسًا مِثْلَ نَاقُوسِ النَّصَارَى . وَقَالَ بَعْضُهُمْ بَلْ بُوقًا مِثْلَ قَرْنِ الْيَهُودِ . فَقَالَ عُمَرُ أَوَلاَ تَبْعَثُونَ رَجُلاً يُنَادِى بِالصَّلاَةِ . فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – « يَا بِلاَلُ قُمْ فَنَادِ بِالصَّلاَةِ »

“Kaum muslimin dahulu ketika datang di Madinah, mereka berkumpul lalu memperkira-kira waktu sholat, tanpa ada yang menyerunya, lalu mereka berbincang-bincang pada satu hari tentang hal itu. Sebagian mereka berkata, gunakan saja lonceng seperti lonceng yang digunakan oleh Nashrani."

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x