Contoh Teks Pidato Perpisahan Sekolah Kelas 6 SD dan 3 SMP-SMA: Kalimat Pembuka hingga Penutup Naskah

- 13 Juni 2023, 16:58 WIB
Ilustrasi. Isi contoh teks pidato perpisahan sekolah kelas 6 SD dan 3 SMP SMA terstruktur dari kalimat pembuka hingga penutup naskah.
Ilustrasi. Isi contoh teks pidato perpisahan sekolah kelas 6 SD dan 3 SMP SMA terstruktur dari kalimat pembuka hingga penutup naskah. /PIXABAY/sasint

BERITA DIY - Berikut ada contoh teks pidato perpisahan sekolah kelas 6 SD dan 3 SMP SMA terstruktur dari kalimat pembuka hingga penutup naskah.

Dalam buku 'Contoh Pidato Masa Kini' karya Helmi Abdul Mubin, pidato perpisahan sekolah termasuk jenis pidato sambutan. Yang mana, kerap dibacakan saat wisuda oleh siswa berprestasi, ketua OSIS, atau kepala sekolah.

Isi dari naskah pidato perpisahan sekolah biasanya terdiri dari kalimat pembuka, ucapan terima kasih, kesan terhadap sekolah atau universitas yang ditinggalkan, dan penutup yang biasanya permintaan maaf jika pernah berbuat salah.

 

Tujuan dari pidato perpisahan sekolah ini, jika dibacakan oleh kepala sekolah, adalah agar para pendengar mengetahui pemahaman atau informasi mengenai institusi pendidikan.

Baca Juga: Contoh Teks Doa Perpisahan Sekolah untuk Penutupan Acara Kelulusan Menyentuh Hati Penuh Harapan

Jika dibaca oleh siswa berprestasi, tujuan pidato perpisahan sekolah adalah sebagai ucapan terima kasih, syukur, bahkan hingga kritik yang ditungakan dalam kesan pengalaman selama bersekolah di institusi pendidikan tersebut.

Dalam pembacaan pidato perpisahan sekolah, biasanya disesuaikan dengan tema kekinian yang dekat dengan institusi pendidikan. Baik yang menyentuh hati hingga memotivasi siswa dan para tenaga pendidik.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x