Apa Benar Hari Ini Ada Gerhana Matahari? Bagaimana Cara Melihatnya dan Apakah Bisa Dilihat di Indonesia?

- 25 Oktober 2022, 15:05 WIB
Keterangan Gerhana Matahari hari ini apakah bisa dilihat di Indonesia.
Keterangan Gerhana Matahari hari ini apakah bisa dilihat di Indonesia. /Tangkapan layar YouTube Royal Observatory Greenwich Royal Observatory Greenwich

BERITA DIY - Informasi apa benar Gerhana Matahari terjadi pada Selasa 25 Oktober 2022 hari ini lengkap dengan penjelasan apakah bisa dilihat di Indonesia atau tidak.

Salah satu fenomena alam yaitu Gerhana Matahari dilaporkan akan terjadi tepatnya pada Selasa 25 Oktober 2022 atau hari ini yang nantinya akan dapat disaksikan oleh masyarakat di sejumlah negara yang dilewatinya.

Dari sejumlah sumber yang dihimpun disebutkan bahwa Gerhana Matahari yang terjadi pada hari ini tersebut adalah Gerhana Matahari Parsial yang dapat diketahui tersebut.

Gerhana Matahari Parsial sendiri diketahui bahwa cahaya atau sinar yang muncul atau dikeluarkan oleh matahari mengalami penutupan atau tertutup namun hanya sebagian saja.

Baca Juga: Ada Apa 25 Oktober 2022? Fenomena Gerhana Matahari Bisa Dilihat Jam Berapa? Ini Link Streaming YouTube

Dikutip dari laman ppiptek.brin.go.id, diketahui bahwa Gerhana Matahari sendiri dapat terjadi salah satunya disebabkan oleh posisi matahari dengan sejumlah benda luar angkasa lain.

Penjelasan lengkapnya dapat diketahui bahwa proses terjadinya Gerhana Matahari tersebut terjadi jika posisi antara matahari, bumi, dan bulan berada pada satu garis lurus.

Kejadian matahari, bulan, dan bumi ini sendiri dapat terjadi dalam perhitungan waktu tertentu atau tidak setiap saat atau waktu dapat terjadi secara terus menerus.

Hal ini disebabkan mengenai perbedaan antara orbit bumi mengelilingi matahari, dengan orbit yang dimiliki oleh bulan yang juga diketahui mengelilingi matahari tersebut.

Baca Juga: Link Nonton Gerhana Matahari Live Streaming Online Hari Ini, Selasa 25 Oktober 2022 dari Indonesia

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x