BLT BBM Rp600 Ribu Cair September ini, Berikut Cara Cek Data Penerima Bansos di DTKS cekbansos.kemensos.go.id

- 5 September 2022, 12:30 WIB
Ilustrasi - BLT BBM Rp600 ribu secara bertahap mulai cair September ini, berikut cara cek data penerima bansos di laman DTKS cekbansos.kemensos.go.id.
Ilustrasi - BLT BBM Rp600 ribu secara bertahap mulai cair September ini, berikut cara cek data penerima bansos di laman DTKS cekbansos.kemensos.go.id. /Dok. pertamina.com

BERITA DIY - Bantuan sosial (bansos) berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Bahan Bakar Minyak (BBM) sebesar Rp600 ribu mulai cair bulan September ini, berikut cara cek penerima bansos di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), cekbansos.kemensos.go.id.

Pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah mulai menyalurkan bansos berupa BLT BBM sebesar Rp600 ribu kepada 20,65 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Bansos BLT BBM sebesar Rp600 ribu sendiri akan disalurkan oleh Kemensos yang bekerja sama dengan PT Pos Indonesia secara bertahap.

Untuk tahap pertama, BLT BBM akan diberikan pada bulan September ini sebesar Rp300 ribu dan dilanjutkan pada bulan Desember 2022 untuk tahap kedua.

Baca Juga: Siapa Penerima Bansos BLT BBM Rp 600 Ribu? Cek di Sini dengan Input Nama dan Alamat

Data penerima bansos BLT BBM yang rencananya diberikan pada bulan September ini didasarkan pada DTKS yang dimiliki oleh Kemensos yang diperbaharui setiap bulannya.

Dilansir dari setkab.go.id, Tri Rismaharini selaku Menteri Sosial (Mensos) menegaskan bahwa DTKS terus diperbaharui untuk menjamin peyaluran bansos BLT BBM tepat sasaran.

“Jadi di UU itu sebetulnya satu tahun dua kali, tapi karena kondisi perubahan di daerah itu cukup pesat maka kemudian kita melakukan perubahan [DTKS] setiap bulan. Jadi setiap bulan, saya membuat SK baru,” ujar Mensos dalam keterangan persnya, di Istana Merdeka pada 3 September 2022.

Pembaharuan DTKS sendiri dilakukan berdasarkan masukan dari pemerintah daerah serta pendaftaran mandiri dari masyarakat.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x