Bacaan Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Dibaca Sebelum Tahlil, Teks Arab, Latin, dan Indonesia Mudah Dibaca

- 25 Agustus 2022, 18:25 WIB
Ilustrasi – Bacaan surat Yasin lengkap 83 ayat dibaca sebelum tahlil, teks Arab, latin, dan Indonesia mudah dibaca.
Ilustrasi – Bacaan surat Yasin lengkap 83 ayat dibaca sebelum tahlil, teks Arab, latin, dan Indonesia mudah dibaca. /PEXELS/ Thirdman

BERITA DIY – Berikut adalah bacaan surat Yasin lengkap 83 ayat dibaca sebelum tahlil, teks Arab, latin, dan Indonesia mudah dibaca.

Surat Yasin merupakan surat ke-36 dalam Al-quran yang terdiri dari 83 ayat, 733 kata dan 3.068 huruf.

Surat ini juga tergolong dalam surat Makkiyah, yaitu surat dalam Al-quran yang diturunkan ketika Nabi Muhammad masih berada di Kota Makkah.

Surat yang diturunkan kepada Nbi Muhammad ini juga disebut sebagai jantung Al-quran. Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, Nabi Muhammad SAW bersabda:

عن أنس بن مالك -رضي الله عنه- أن النبيّ -عليه الصلاة والسلام- قال: إنَّ لِكُلِّ شيءٍ قَلبًا وقلبُ القرآنِ يَس

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Ayat 1-83 Tulisan Arab, Latin, dan Artinya agar Mudah Dibaca untuk Amalam Malam Jumat

“Jantung Alquran itu ialah surat Yasin. Tidaklah dibaca akan dia oleh seseorang yang menghendaki keridhaan Allah dan keselamatan di hari akhirat, melainkan Allah mengampuni akan dosanya.” (HR Abu Dawud).

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dijelaskan sebuah salah satu keutamaan amalan surat Yasin dibaca saat malam Jumat tiba.

Salah satu khasiat amalan Yasin, berdasarkan sabda Nabi tersebut, ketika dibaca pada malam Jumat adalah, doa-doa kita akan lebih gampang dikabulkan oleh-Nya. Berikut bacaan hadistnya:

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x