Puasa di Bulan Muharram Apa Saja? Lengkap Niat Puasa 9 dan 10 Muharram 1444 H Jatuh Tanggal Berapa?

- 27 Juli 2022, 15:59 WIB
Kapan puasa di bulan Muharram apa saja, niat puasa Tasua dan Asyura serta tanggal berapa menjalankan di kalender Masehi.
Kapan puasa di bulan Muharram apa saja, niat puasa Tasua dan Asyura serta tanggal berapa menjalankan di kalender Masehi. /Publiktanggamus.com/Syaiful Amri

BERITA DIY - Kira-kira, puasa di bulan Muharram apa saja ya? Yuk ketahui amalan yang bisa diperoleh jelang Tahun Baru Islam 2022 tanggal 1 Muharram 1444 H.

Bulan Muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah Islam. Di mana, merupakan bulan mulai yang punya amalan puasa.

Ada dua puasa Muharram yang terkenal, yakni puasa Tasua dan puasa Asyura. Puasa sunnah tersebut punya tanggalnya masing-masing.

Baca Juga: 14 Twibbon Ucapan Selamat Tahun Baru Islam 2022 Libur Nasional 1 Muharram 1444 H untuk Profil Medsos

Pelaksanaan puasa Asyura adalah pada tanggal 10 Muharram. Sementara puasa Tasua ada di 9 Muharram.

Dari hadist shahih, Rasulullah SAW menyatakan jika puasa Muharram menjadi puasa yang utama setelah puasa Ramadhan, Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim no. 1163, dari Abu Hurairah).

Baca Juga: Bacaan Doa Akhir Tahun dan Awal Tahun Hijriyah Lengkap Arab, Latin dan Artinya, Kapan 1 Muharram 1444 H

Lantas, kapan puasa Tasua dan Asyura pada tanggal kalender Masehi?

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x