Lirik dan Chord Lagu Ibu Kita Kartini Karya WR Supratman dan Sejarah di Balik Penulisannya

- 21 April 2022, 14:52 WIB
Ilustrasi - Lirik dan chord lagu berjudul Ibu Kita Kartini yang sering dinyanyikan pada saat Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April.
Ilustrasi - Lirik dan chord lagu berjudul Ibu Kita Kartini yang sering dinyanyikan pada saat Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April. /PIXABAY/@stevepb

BERITA DIY – Berikut merupakan lirik dan chord lagu berjudul Ibu Kita Kartini yang merupakan karya W.R. Supratman dan sejarah di balik penulisannya.

Hari ini, Indonesia memperingati Hari Kartini yang jatuh pada Kamis, 21 April 2022. Kartini dikenal luas sebagai tokoh emansipasi wanita di Indonesia.

R.A Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Kota Jepara. Nama lengkap beliau ialah Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat.

Baca Juga: Lirik Lagu 'Ibu Kita Kartini' Lengkap Chord Gitar dan Not Angka Pianika Spesial Hari Kartini 21 April 2022

Lagu Ibu Kita Kartini adalah lagu patriotik Indonesia yang diciptakan oleh Wage Rudolf Supratman. Lagu ini sering dinyanyikan pada saat Hari Kartini yang diperingati setiap 21 April.

Selain itu, lagu Ibu Kita Kartini sering menjadi inspirasi bagi kaum wanita di Indonesia dalam memperjuangkan emansipasi wanita.

Pencipta lagu "Ibu Kita Kartini" ini juga merupakan maestro di balik lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dalam tiga stanza.

Baca Juga: Lirik Lagu Ibu Kita Kartini Ciptaan WR Supratman sebagai Peringatan Hari Kartini 21 April 2022

Sejarah dibalik lirik lagu Ibu Kita Kartini ialah pada tanggal 22-25 Desember 1928, diadakan Kongres Wanita Indonesia I di Yogyakarta yang dihadiri oleh W.R. Supratman. Ia terinspirasi saat meliput kegiatan itu.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x