Jadwal Imsakiyah Buka Puasa Ramadhan Kemenag 5-7 April Wilayah Jakarta, Surabaya, dan 2 Kota Besar Lainnya

- 5 April 2022, 06:33 WIB
Ilustrasi - Jadwal imsakiyah buka puasa Ramadhan Kemenag 5-7 April wilayah Jakarta, Surabaya, dan 2 kota besar lainnya.
Ilustrasi - Jadwal imsakiyah buka puasa Ramadhan Kemenag 5-7 April wilayah Jakarta, Surabaya, dan 2 kota besar lainnya. /PIXABAY/suhailsuri

BERITA DIY - Berikut jadwal imsakiyah buka puasa Ramadhan 1043 H yang berlaku dari tanggal 5-7 April 2022. Simak jadwal imsakiyah wilayah Jakarta, Semarang, Yogyakarta dan Surabaya.

Puasa Ramadhan tahun 1043 H kali ini telah memasuki hari ke-3 puasa bagi yang mengikuti jadwal Kemenag dan NU. Sedangkan bagi masyarakat yang mengikuti ormas Muhamadiyah maka hari ini telah memasuki hari ke-4 pelaksanaan ibadah puasa.

Jadwal imsakiyah adalah penanda waktu yang menjadi ketentuan pelaksanaan ibadah puasa. Umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa bisa mengikuti jadwal yang telah ditetapkan ketika melaksanakan ibadah puasa.

Baca Juga: Jadwal Sholat saat Ramadhan 2022: Waktu Imsakiyah, Dhuha dan Buka Puasa di Yogyakarta, Semarang hingga Jakarta

Umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa tentu harus menahan hawa nafsu dan semua kegiatan yang bisa membatalkan puasa. Hal tersebut dilakukan dari sebelum subuh hingga maghrib.

Bagi yang berpuasa, waktu sahur juga harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk mempersiapkan puasa. Hal tersebut tentunya menyesuaikan dengan kegiatan agar tidak lemas ketika siang hari karena tidak mengkonsumsi makanan atau minuman.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Jam Berapa Hari Ini 5 April 2022 di 34 Provinsi Indonesia? Doa Buka Puasa, dan Waktu Sholat

Sahur juga bisa mencegah atau menghindari kemungkinan terjadinya sakit bagi yang melaksanakan ibadah puasa. Selain itu, sahur juga merupakan suatu kegiatan yang bernilai ibadah apabila dilaksanakan oleh umat Islam.

Berbuka puasa juga tak kalah penting untuk mencegah terjadinya penyakit. Untuk itu disunnahkan agar umat Islam yang berpuasa dapat berbuka di awal waktu.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah