Ramadhan 2022 Berapa Hari Lagi? Berikut Jadwal Sidang Isbat Puasa Ramadhan 1443 Hijriah dari Kemenag

- 15 Maret 2022, 17:31 WIB
Ilustrasi bacaan doa niat, simak jadwal sidang isbat puasa Ramadhan 1443 Hijriah dari Kemenag.
Ilustrasi bacaan doa niat, simak jadwal sidang isbat puasa Ramadhan 1443 Hijriah dari Kemenag. /PIXABAY/@mohamed_hassan

BERITA DIY - Simak jadwal sidang Isbat puasa Ramadhan 1443 Hijriah dari Kemenag. Sudah banyak umat muslim yang melayangkan pertanyaan Ramadhan 2022 berapa hari lagi. Kira-kira berapa hari lagi puasa Ramadhan 2022 akan berlangsung?

Momen bulan suci Ramadhan memang selalu disambut oleh umat muslim dengan penuh antusiasme dan kebahagiaan. Sebab, bagi umat muslim, Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keistimewaan dan keberkahan.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah secara resmi telah menetapkan puasa Ramadhan atau 1 Ramadhan 1443 H pada hari Sabtu, 2 April 2022. Sementara Kementerian Agama (Kemenag) baru akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal Ramadhan 1443 Hijriah pada Jumat, 1 April 2022 atau bertepatan dengan 29 Syakban 1443 Hijriah.

Baca Juga: Jadwal Sidang Isbat Ramadhan 2022 Kemenag Kapan Digelar? Lengkap Jadwal Hari Pertama Puasa dari Muhammadiyah

Kurang dari 20 hari lagi umat muslim di seluruh dunia akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan 1443 H yang akan berlangsung selama sebulan penuh. Pelaksanaan sidang isbat akan berlangsung secara hybrid, menyesuaikan dengan situasi pandemi Covid-19.

Peserta yang hadir secara langsung akan dibatasi sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kemudian, peserta lainnya akan berpartisipasi secara daring. Sidang isbat diadakan berdasarkan Fatwa MUI Nomor 2 Tahun 2004 tentang Penetapan Awal Ramadhan, Syawal, dan Zulhijah.

Penetapan tanggal puasa Ramadhan tersebut menggunakan metode hisab atau pemantauan hilal yang bertumpu pada perhitungan matematik astronomi. Istilah hisab sendiri sering digunakan dalam ilmu falak atau astronomi sebagai perkiraan posisi matahari dan bulan terhadap bumi.

Baca Juga: Amalan-Amalan Nisfu Sya'ban yang Bertepatan pada Tanggal 18 Maret 2022 Sesuai dengan Kalender Islam

Posisi matahari digunakan sebagai patokan bagi umat muslim dalam menentukan waktu sholat. Sementara posisi bulan diposisikan untuk mengetahui terjadinya hilal sebagai sebuah tanda masuknya periode bulan baru dalam kalender hijriah.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah