Cara Aman Melihat Gerhana Matahari Petang Ini, Beserta Jadwal dan Link Streaming

- 10 Juni 2021, 13:10 WIB
Ilustrasi - Gerhana Matahari Cincin terlihat pada Kamis petang, 10 Juni 2021.
Ilustrasi - Gerhana Matahari Cincin terlihat pada Kamis petang, 10 Juni 2021. /Pixabay/Buddy_nath

BERITA DIY - Diperkirakan, Kamis petang ini, 10 Juni 2021 akan ada Gerhana Matahari Cincin di beberapa wilayah. Begini cara aman untuk melihatnya.

Fenomena gerhana matahari cincin ialah saat posisi Matahari, Bulan dan Bumi dalam satu garis lurus yang sama.

Keberadaan Bulan di depan Matahari akan menghalangi cahaya masuk ke Bumi. Gerhana Matahari Cincin (GMC) terjadi karena dari jarak dan ukuran, Bulan tak dapat menutup penuh Matahari.

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin Terjadi Besok, Tonton Via Link Live Streaming Ini: Simak Daftar Tempat yang Bisa Lihat

Jadi, GMC akan terlihat seperti lingkaran bercahaya yang membungkus lingkaran gelap di dalamnya. Berbeda dengan Gerhana Bulan yang memerlihatkan Bulan secara utuh, namun berwarna merah (akibat sinar Matahari).

Fenomena Gerhana Matahari atau GMC jarang terjadi. Banyak kalangan yang antusias untuk melihatnya.

Namun, perlu dicatat bahwa Anda tak boleh menyaksikan Gerhana Matahari secara langsung dengan mata telanjang atau tanpa alat bantu optik.

Baca Juga: Gerhana Matahari Cincin Terjadi Besok, Tonton Via Link Live Streaming Ini: Simak Daftar Tempat yang Bisa Lihat

Dikutip dari Space pada Kamis, 10 Juni 2021, sinar Matahari tak bisa dilihat langsung, teruama saat gerhana, karena sinar Matahari yang menyilaukan dan paparan sinar Matahari yang terlalu banyak akan merusak mata manusia.

Saat kita mengamati Gerhana Matahari, otomatis mata akan tertuju langsung ke arah sang surya.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x