Bansos PKH untuk Ibu Hamil hingga Lansia Cair Lagi Bulan Ini, Cek Daftar Penerima melalui Link Berikut

- 12 April 2021, 06:00 WIB
ILUSTRASI: Cek daftar penerima bansos PKH melalui link dtks.kemensos.go.id
ILUSTRASI: Cek daftar penerima bansos PKH melalui link dtks.kemensos.go.id /Instagram.com/@kemensosri

BERITA DIY – Bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) yang ditujukan kepada ibu hamil hingga lansia akan kembali disalurkan pada bulan April ini. Berikut tata cara untuk cek daftar penerima melalui secara online melalui link berikut.

Bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program pemberian bantuan yang diperuntukkan kepada ibu hamil, anak usia dini, anak sekolah mulai dari sekolah dasar hingga sekolah menengah atas, lansia dan penyandang disabilitas.

Tujuannya dari diberikannya bansos PKH ini adalah meningkatkan taraf hidup melalui akses layanan pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan sosial, mengurangi beban pengeluaran dan meningkatkan pendapatan.

Baca Juga: Bacaan Niat Bayar Zakat Fitrah, LENGKAP: Niat untuk Diri Sendiri hingga Niat untuk Anggota Keluarga

Selain itu juga untuk mendorong perubahan perilaku dan kemandirian keluarga penerima manfaat, serta mengurangi kemiskinan dan inklusi keuangan. Seluruh penerima bansos PKH ini merupakan keluarga kurang mampu yang terdapat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Besaran bantuan yang diperoleh ibu hamil dan anak usia dini adalah Rp3 juta per tahun. Sementara, bansos PKH yang akan diterima oleh lansia dan penyandang disabilitas adalah sebesar Rp2,4 juta.

Baca Juga: Tata Cara Sholat Idul Fitri beserta Bacaan Niat, LENGKAP bahasa Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia

Sedangkan untuk siswa SD adalah sebesar Rp900 ribu per tahun, untuk siswa SMP sebesar Rp1,5 juta per tahun dan untuk siswa SMA adalah sebesar Rp2 juta per tahun.

Bansos PKH bisa dicairkan oleh penerima bantuan tiap bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Bantuan PKH bisa dicairkan langsung ke nomor rekening penerima yang termasuk dalam bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri dan BTN).

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x