FA Mengeluarkan Peraturan Terbaru, Pemain Batuk di Lapangan Dikenai Kartu Merah

- 5 Agustus 2020, 12:58 WIB
Ilustrasi Premier League
Ilustrasi Premier League /Premier League

BERITA DIY - Kompetisi sepak bola liga Inggris atau Premier League akan dimulai pada 12 September 2020. Hal ini disepakati oleh jajaran pemegang saham operator Liga demikian diumumkan laman resmi mereka, Jumat.

Baca Juga: Sekilas Pagelaran Premier League Musim 2020/2021

Asosiasi sepak bola Inggris atau FA mengeluarkan peraturan baru yang bisa membuat pemain terkena kartu kuning bahkan kartu merah jika ada pemain yang sengaja batuk di hadapan wajah lawan atau wasit.

Peraturan itu menjadi bagian regulasi baru yang dikeluarkan oleh FA untuk pertandingan sepak bola di tengah pandemi Covid-19 yang berlaku di semua kompetisi di Inggris demikan lansiran Reuters pada Senin, 3 Agustus 2020 dikutip dari Pikiran-Rakyat.com.

Artikel ini sebelumnya telah tayang di Pikiran-Rakyat.com dengan judul: Aturan FA, Pemain Batuk di Lapangan Bisa Berujung Kartu Merah

Wasit diperbolehkan memberi hukuman tersebut apabila "yakin seseorang secara sengaja dan dari jarak dekat batuk ke wajah lawannya ataupun seorang ofisial pertandingan."

Dokumen regulasi anyar FA tersebut menyatakan pelanggaran itu tergolong dalam kategori penggunaan gestur dan/atau bahasa yang ofensif, menghina maupun bersifat pelecehan.

"Jika insiden itu tidak terlalu parah untuk diganjar kartu merah, peringatan bisa dikeluarkan wasit sebagai bagian dari perilaku tak sportif ataupun penghinaan terhadap pertandingan," demikian dokumen yang sama menyatakan.

Kendati demikian regulasi tersebut menekankan bahwa wasit harus bisa membedakan batuk yang wajar sembari terus mengingatkan agar pemain tidak meludah di lapangan, pun hal itu tidak dianggap sebagai tindakan melanggar.

Halaman:

Editor: Galih Nur

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x