Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Negara dan Fungsinya bagi Bangsa

- 3 September 2020, 19:44 WIB
Pancasila sebagai ideologi dan pemersatu bangsa
Pancasila sebagai ideologi dan pemersatu bangsa /portaljember.pikiran-rakyat.com

BERITA DIY - Pancasila merupakan landasan ideologi untuk kehidupan bangsa Indonesia. Pilar ideologi ini memuat lima sila yang mencakup seluruh aspek. Mulai dari ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan hingga keadilan.

Sejatinya, Pancasila yang berasal dari bahasa Sanskerta terdiri dari dua kata, yakni panca dan sila. Panca berarti lima dan sila artinya prinsip. Jika diartikan secara menyeluruh, Pancasila berarti pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sebagai ideologi negara, Pancasila juga dapat diartikan sebagai landasan fundamental dalam kehidupan. Dengan kata lain, Pancasila memuat nilai dan norma yang bisa dijadikan pedoman untuk berperilaku.

Baca Juga: TNI AL Buka Pendaftaran Calon Tamtama PK Gelombang 2 Minimal Lulusan SMP, Berikut Cara Mendaftarnya

Selain itu, nilai dalam Pancasila juga dapat diartikan sebagai cita-cita bangsa. Artinya, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila dapat menjadi visi untuk menjalankan kehidupan bernegara.

Visi dalam Pancasila adalah terwujudnya kehidupan berdasarkan Ketuhanan YME, kemanusiaan, persatuan, kepentingan rakyat, dan keadilan.

Baca Juga: Fakta Timor Leste Ingin Bergabung Kembali ke Indonesia, Ini Alasannya

Butir-butir sila Pancasila juga dapat menjadi sarana untuk menyatukan masyarakat di Indonesia. Seperti diketahui, bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku, agama, dan ras yang berbeda-beda.

Tanpa ideologi dasar, tentunya masyarakat akan sulit untuk disatukan. Namun dengan kehadiran Pancasila, masyarakat akan bersatu sebagai bangsa Indonesia.

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x