Prestasi Ki Manteb Sudarsono, Lakon-lakon Gubahannya Masih Dipentaskan hingga Kini

- 2 Juli 2021, 15:01 WIB
Profil dan Prestasi Ki Manteb Sudarsono
Profil dan Prestasi Ki Manteb Sudarsono /Tangkapan layar instagram.com/javaneseculture

BERITA DIY - Kabar duka kembali datang dari dunia kesenian Indonesia. Dalang kenamaan, Ki Manteb Sudarsono dikabarkan meninggal dunia Jum'at, 2 Juli 2021.

Ki Manteb Sudarsono menghembuskan nafas terakhirnya setelah berjuang melawan sakit Covid-19 yang diidapnya. Ia meninggal dunia di rumah pribadinya di Karangpandaan, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Jenazah Ki Manteb Sudarsono langsung dimakamkan dengan protokol kesehatan Covid-19. Pemakaman dilakukan di makam dekat rumahnya.

Baca Juga: Selamat Jalan Untuk Selamanya, Gubernur Jateng Ganjar Ucapkan Duka Cita atas Wafatnya Ki Manteb Sudharsono

Kabar meninggalnya Ki Manteb Sudarsono mendapat banyak respon dari semua kalangan. Tokoh negara, seniman jawa hingga artis ibu kota menyampaikan ucapan bela sungkawa.

Para tokoh negara, seniman jawa, dan artis ibu kota merasakan kehilangan yang mendalam dengan kepergian Ki Manteb Sudarsono.

Salah satu yang memberi ucapan bela sungkawa adalah menteri agama Republik Indonesia, Gus Yaqut. 

"InsyaAllah Husnul Khotimah, catatan amal baiknya diterima oleh Allah SWT dan diberikan keikhlasan pada yang ditinggalkan. Lahul Fatihah," tulis Gus Yaqut seperti dikutip dalam beritadiy.pikiran-rakyat.com 2 Juli 2021.

Baca Juga: Indonesia Kembali Kehilangan Putra Terbaiknya, Budayawan Sudjiwo Tedjo Berduka Wafatnya Ki Manteb Sudharsono

Sosok Ki Manteb Sudarsono lahir pada 31 Agustus 1948. Sedari kecil hidupnya memang lekat dengan budaya jawa khususnya wayang. Hampir sepanjang hidupnya ia habiskan menjadi seorang dalang.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah