99 Persen Sekolah di Kota Yogyakarta Siap Gelar KBM Tatap Muka, Waktu dan Jenjang Masih Dikaji

- 25 Maret 2021, 15:53 WIB
Ilustrasi ruang kelas pelaksanaan KBM tatap muka.
Ilustrasi ruang kelas pelaksanaan KBM tatap muka. /pixabay.com/Wokandapix

BERITA DIY – Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara tatap muka di Kota Yogyakarta masih dikaji. Pemerintah setempat belum bisa menentukan kapan waktu pelaksanaan KBM Tatap Muka.

“Untuk memutuskan waktu dan jenjang pendidikan yang akan diizinkan untuk pembelajaran tatap muka, tentu tidak bisa kami putuskan sendiri. Harus melibatkan banyak pihak. Bagaimanapun keselamatan siswa, guru, dan tenaga kependidikan lain tetap harus diutamakan,” kata Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta, Dedi Budiono dikutip dari Antara, Kamis 25 Maret 2021.

Meski belum tahu kapan waktu dilaksanakannya KBM tatap muka, Dedi yakin sekolah di Kota Yogyakarta 99 persen siap melaksanakan pembelajaran secara tatap muka.

Baca Juga: Innalillahi Kabar Duka dari Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan Berduka atas Wafatnya 10 Orang di Matraman

Baca Juga: Kabar Duka Selimuti Indonesia, Mantan Ketum Demokrat Anas Urbaningrum Berduka atas Wafatnya Syarwan Hamid

Keyakinan ini dilihiat dari kesiapan sarana prasarana dan standar protokol kesehatan yang harus diterapakan selama KBM tatap muka.

Meskipun demikian, ia memastikan bahwa 99 persen sekolah di Kota Yogyakarta sudah siap untuk menyelenggarakan pembelajaran tatap muka jika dilihat dari kesiapan sarana dan prasarana dan standar protokol kesehatan yang harus diterapkan selama pembelajaran tatap muka.

“Hanya ada satu persen sekolah yang belum siap. Biasanya sekolah swasta. Misalnya karena jumlah wastafel belum sesuai standar. Tetapi mereka memiliki komitmen untuk melengkapi sarana dan prasarana tersebut apabila sekolah tatap muka sudah diizinkan,” kata Dedi.

Baca Juga: 2 Kader Tersambar Petir di Hambalang, Andi Arief: Moeldoko dan Marzuki Kekanakan Konferensi Pers di Sana

Baca Juga: Link Live Streaming Piala Menpora 2021: PS Tira Persikabo vs PSIS Semarang di Indosiar dan Vidio

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta juga sudah membagikan buku saku berisi pedoman penyelenggaraan pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 ke seluruh sekolah.

“Jika diperlukan, kami akan melakukan pemeringkatan kesiapan sekolah untuk penyelenggaraan pembelajaran tatap muka. Seperti di DIY, sekolah yang memiliki persiapan 'excellent' bisa membuka pembelajaran tatap muka lebih cepat. Perlu juga semacam simulasi pembelajaran tatap muka,” katanya.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x