Waspada dan Hati-hati, Kemunculan Binatang Ini di Pantai, Pertanda Tsunami Dahsyat

- 29 September 2020, 22:18 WIB
Tangkapan layar Oarfish, Diambil dengan menggunakan kamera ROV laut dalam.
Tangkapan layar Oarfish, Diambil dengan menggunakan kamera ROV laut dalam. /Tim Berita DIY 3/NOAA

BERITA DIY - Akhir-akhir ini ramai pemberitaan terkait dengan hasil riset ITB perihal potensi tsunami di beberapa wilayah pesisir Indonesia.

Hasil riset tersebut memberikan peringatan tentang adanya ancaman tsunami raksasa setinggi 20 meter.

Riset tersebut diperoleh menggunakan penggabungan data seismik yang diperoleh dari katalog BMKG dan Katalog internasional Seismological Centre (ISC). Setelah menganalisis sekian banyak data, ditemukan adanya zona memanjang di antara pantai selatan pulau Jawa dan Palung Jawa.

Baca Juga: UPDATE Covid-19 DIY Hari Ini 29 September 2020, Tambahan Kasus Baru Sebanyak 49 Positif

Menanggapi hasil riset tersebut, tim ahli BMKG segera melakukan simulasi dan penyelidikan lebih lanjut guna mendapatkan informasi yang lebih akurat dan dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan jika bencana tsunami betul-betul datang.

Namun tahukah anda, ada sebuah makhluk laut dalam yang memiliki kemampuan luar biasa dan sanggup memprediksi hadirnya gempa dan tsunami.

Tidak hanya itu, makhluk "ajaib" ini bahkan memiliki keakuratan prediksi nyaris 100%! Tingkat keakuratan yang lebih tinggi dibandingkan keakuratan dari mesin seismograf ataupun pendeteksi tsunami konvensional.

Baca Juga: Duh, Data 3 Juta Pekerja Penerima BLT Subsidi Gaji Tak Valid! Pastikan Namamu Masih Ada, Cek di Sini

Dilansir dari Jurnal Presisi, makhluk tersebut adalah Oarfish (Regalecus Glesne). Spesies ikan laut dalam ini telah lama dipercaya dapat mendeteksi kehadiran bencana.

Halaman:

Editor: Galih Nur

Sumber: Jurnal Presesi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x