Kalender Jawa 22 Desember 2023 Lengkap Nama Weton, Pasaran, Neptu dan Gambaran Sifat Jumat Pahing

- 21 Desember 2023, 20:00 WIB
Ilustrasi - Kalender Jawa 22 Desember 2023 lengkap nama weton, pasaran, neptu dan gambaran sifat orang lahir Jumat Pahing.
Ilustrasi - Kalender Jawa 22 Desember 2023 lengkap nama weton, pasaran, neptu dan gambaran sifat orang lahir Jumat Pahing. /PIXABAY/@tigerlily

BERITA DIY - Berikut informasi kalender Jawa 22 Desember 2023 lengkap nama weton, pasaran, neptu dan gambaran sifat orang lahir Jumat Pahing.

Memiliki keistimewaan tersendiri, kalender Jawa masih digunakan hingga hari ini khususnya masyarakat Jawa.

Beberapa unsur dalam kalender Jawa yang menjadi istimewa ialah adanya beberapa penamaan lain selain nama hari seperti, pasaran, wuku, weton hingga perhitungan neptu.

Terdapat dua sistem penanggalan yang digunakan oleh Keraton Yogyakarta, kalender Masehi dan kalender Jawa.

Baca Juga: Kalender Jawa 21 Desember 2023 Info Weton, Neptu dan Gambaran Watak Orang yang Lahir pada Kamis Legi

Kalender Masehi digunakan agar urusan administrasi keraton dapat selaras dengan kegiatan sehari-hari masyarakat umum, sedang kalender Jawa digunakan sebagai patokan bagi upacara-upacara adat yang diselenggarakan oleh keraton.

Kalender Jawa juga disebut sebagai Kalender Sultan Agungan karena diciptakan pada pemerintahan Sultan Agung (1613-1645).

Sultan Agung adalah raja ketiga dari Kerajaan Mataram Islam. Pada masa itu, masyarakat Jawa menggunakan kalender Saka yang berasal dari India.

Kalender Saka didasarkan pergerakan matahari (solar), berbeda dengan Kalender Hijriyah atau Kalender Islam yang didasarkan pada pergerakan bulan (lunar).

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x