TEKS Pidato Hari Kesehatan Nasional tentang Nikmatnya Hidup Sehat untuk Upacara HKN, Ini Tema Sejarah HKN 2023

- 10 November 2023, 16:45 WIB
Hari Kesehatan Nasional tanggal berapa, pidato jagalah kesehatan dengan pola hidup sehat dan buatlah kutipan pidato bagian isi.
Hari Kesehatan Nasional tanggal berapa, pidato jagalah kesehatan dengan pola hidup sehat dan buatlah kutipan pidato bagian isi. /Istimewa /

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari Hari Kesehatan Nasional tanggal berapa, pidato jagalah kesehatan dengan pola hidup sehat dan buatlah kutipan pidato bagian isi tentang kesehatan.

Ketahui teks pidato Hari Kesehatan Nasional tentang nikmatnya hidup sehat untuk upacara HKN, simak tema HKN 2023.

Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang diperingati setiap tanggal 12 November merupakan salah satu momen penting dalam sejarah kesehatan Indonesia.

Awal mula HKN berakar dari perjuangan Indonesia dalam memerangi wabah malaria yang melanda pada tahun 1950.

Baca Juga: Contoh Teks Sambutan Hari Pahlawan Nasional 2023, Bisa untuk Pidato Amanat Pembina Upacara 10 November 2023

Pada masa tersebut, malaria menjadi penyakit mematikan yang merenggut nyawa ratusan ribu orang di Indonesia.

Respons pemerintah terhadap wabah ini sangat signifikan, dimulai dengan pembentukan Dinas Pembasmian Malaria pada tahun 1959, yang kemudian bertransformasi menjadi Komando Operasi Pemberantasan Malaria (Kopem) pada Januari 1963.

Salah satu langkah konkret yang diambil oleh Kopem adalah penyemprotan di rumah-rumah warga, sebuah aksi simbolis yang dilakukan oleh Presiden Sukarno pada 12 November 1959 di Desa Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Tindakan ini tidak hanya menjadi simbol perjuangan melawan malaria tetapi juga menjadi titik awal kesadaran kesehatan nasional yang lebih luas.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x