Kalender Jawa September 2023 Lengkap dengan Wetonnya

- 5 September 2023, 17:00 WIB
Ketahui Informasi kalender Jawa September 2023 atau penanggalan Jawa lengkap dengan wetonnya di artikel ini.
Ketahui Informasi kalender Jawa September 2023 atau penanggalan Jawa lengkap dengan wetonnya di artikel ini. /Portal Purwokerto/Galih Prabashinta

BERITA DIY - Memasuki bulan baru, banyak masyarakat yang mulai mencari tahu kalender Jawa September 2023 lengkap dengan wetonnya.

Ketahui kalender Jawa September 2023 lengkap dengan wetonnya di artikel ini.

Selain kalender tahun masehi, beberapa masyarakat Jawa masih berpatokan pada kalender Jawa. Penanggalan Jawa ini sangat penting selain bisa menentukan hari baik melalui kombinasi weton dan wuku, kalender ini juga bisa dijadikan panduan mengetahui watak seseorang.

Kalender Jawa atau penanggalan Jawa sendiri merupakan sistem penanggalan yang digunakan sejak masa Kesultanan Mataram dan berbagai kerajaan serta daerah yang mendapat pengaruhnya.

Baca Juga: Kalender Jawa Hari Senin 4 September 2023 Lengkap Weton, Pasaran, Neptu dan Watak Orang Senin Pon

Penanggalan Jawa ini sangat menarik dan dianggap istimewa karena memadukan sistem penanggalan Islam, penanggalan Hindu, dan sedikit penanggalan Julian yang merupakan bagian dari budaya Barat.

Sistem kalender Jawa memiliki 2 siklus hari yaitu siklus mingguan yang terdiri dari 7 hari (Ahad sampai Sabtu, saptawara) dan siklus pekan pancawara yang terdiri dari 5 harian pasaran (Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon).

Sementara itu weton adalah hasil dari perhitungan antara hari lahir seseorang dengan hari pasaran dalam kalender Jawa. Untuk cara menghitungnya yaitu memadukan nilai neptu hari lahir dengan nilai neptu hari pasaran, kemudian akan menghasilkan weton yang menentukan nasib atau keberuntungan seseorang.

Kalender Jawa September 2023

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x