Kapan Hari Pramuka 2023 Diperingati? Apakah Termasuk Libur Nasional Atau Tanggal Merah? Cek Sejarah Pramuka

- 3 Agustus 2023, 14:51 WIB
Ketahui kapan Hari Pramuka 2023 diperingati? apakah termasuk libur nasional atau tanggal merah? cek sejarah pramuka di Indonesia di sini.
Ketahui kapan Hari Pramuka 2023 diperingati? apakah termasuk libur nasional atau tanggal merah? cek sejarah pramuka di Indonesia di sini. /https://pramuka.or.id/gerakan-pramuka/

Berita DIY – Berikut ini adalah informasi seputar, kapan Hari Pramuka 2023 diperingati? apakah termasuk libur nasional atau tanggal merah? cek sejarah pramuka di Indonesia di sini.

Hari Pramuka 2023 akan jatuh pada bulan Agustus 2023. Lebih tepatnya pada tanggal 14 Agustus 2023 yang akan diperingati sebagai Hari Pramuka di Indonesia.

Gerakan Pramuka di Indonesia pada tahun ini sudah memasuki usianya yang ke 62. Sejak pertama kali didirikan pada tanggal tahun 1961.

Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjadi ketua Gerakan Pramuka Nasional. Setelah pada tanggal 14 Agustus 1961 Presiden Soekarno menyerahkan Panji Gerakan Pramuka.

Baca Juga: Tanggal Berapa Hari Pramuka Agustus 2023? Apakah Libur Nasional Tanggal Merah?

Pelantikan Sri Sultan Hamengku Buwono IX menjadi ketua Gerakan Pramuka Nasional dan mulai dikenalkannya Pramuka ke khalayak ramai, menjadi peringatan hari Pramuka.

Sebagai  sebuah gerakan kepanduan Pramuka Indonesia telah memiliki sejarah panjang. Gerakan ini sudah dimulai sejak masa Hindia Belanda.

Tahun 1912 menjadi langkah awal terbentuknya gerakan kepanduan di Indonesia yang saat itu masih dinamai Hindia Belanda.

Nederlands-Indische Padvinders Vereeniging (NIPV) atau Persatuan Pandu-Pandu Hindia Belanda adalah nama yang diberikan untuk gerakan tersebut.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x