Viral Penemuan Bulus Raksasa di Klaten, Dipercaya Memiliki Manfaat hingga Status Konservasi

- 8 September 2021, 17:56 WIB
ILUSTRASI - Berikut fakta penemuan bulus yang viral di Klaten, Jawa Tengah.
ILUSTRASI - Berikut fakta penemuan bulus yang viral di Klaten, Jawa Tengah. /Dok/lipi.go.id

BERITA DIY - Ramai penemuan bulus raksasa di Klaten, Jawa Tengah, membuat publik penasaran apa sebenarnya itu bulus. Banyak yang percaya bahwa hewan ini memiliki manfaat, simak pula status konservasi untuk menghindari peruburuan.

Warga Desa Sabranglor di Klaten geger usai seorang warga menemukan bulus raksasa pada Senin, 6 September 2021, dini hari. Hewan ditemukan di sebuah kolam desa setempat.

Hewan yang sering disebut dengan labi-labi itu ditemukan dalam keadaan sudah mati. Menurut warga, bulus berukuran 80 centimeter, lebar 36 centimeter, dan berat hingga mencapai 20 kilogram.

Baca Juga: Respons Jihane Almira Usai Heboh Video Direktur Miss Supranational Andre Sleigh yang Diduga Hina Indonesia

Nama Latin bulus, Amyda cartilaginea adalah sejenis kura-kura berpunggung lunak, sebab sebagian perisai terdiri dari tulang tawan. Selain itu, bagian karapas dilapisi oleh kulit tebal dan licin.

Rata-rata diameter bulus hanya mencapai 60 centimeter. Fisik hewan memiliki kepala membulat dan terdapat belalai yang runcing dan pendek tempat di mana hidung terletak.

Tempurung biasanya berbentuk bulat, lunak, dan licin yang menutupi hampir seluruh tubuh kecuali bagian kepala. Sementara itu, cakarnya yang runcing bersifat kuat dan tajam.

Baca Juga: Apa Itu Buah Teretung? Durian Mungil Asal Kalimantan yang Viral di TikTok, Ini Kata LIPI

Bulus dapat ditemukan dalam berbagai warna, seperti hitam, abu-abu, dan kecoklatan. Cara membedakan bulus muda dan tua sangatlah mudah.

Hewan yang masih muda cenderung memiliki corak bintik-bintik kuning, warna terang, bahkan buram. 

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x